Dwi Ajeng Hening Mangesti (MAN Lumajang) saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship bakal segera digelar. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar itu akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Jadwal final untuk National Championship akan berlangsung pada 18-20 Januari 2024 mendatang. 

Sebanyak 288 juara regional qualifiers akan bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Tentunya ada wajah-wajah baru dan lama dari jumlah tersebut. Beberapa terus naik kelas. Sementara sisanya merupakan debutan. Siapa saja juara regional qualifiers yang debutan di musim ini? Berikut daftarnya. 

1. Dwi Ajeng Hening Mangesti (MAN Lumajang)

Dwi Ajeng Hening Mangesti dari MAN Lumajang merupakan debutan di Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menjuarai East Java Qualifiers di nomor 100m putri dengan catatan waktu 13,02 detik, Dwi Ajeng Hening Mangesti akan melaju ke babak National Championship. Dan bersaing dengan para juara lainnya. 

2. Rifqi Amsyah Alkhofidh (SMAN 4 Kisaran)

Debut di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, Rifqi Amsyah Alkhofidh dari SMAN 4 Kisaran berhasil meraih juara nomor lompat jauh putra. Dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Sumatra pada September lalu itu, Rifqi berhasil merebuh podium pertama dengan perolehan lompatan sejauh 5,94 meter. 

3. Joan Alexandria (SMA Kesatuan Bogor)

Joan Alexandria berhasil mencuri perhatian. Menjadi seorang debutan di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, siswi SMA Kesatuan itu sukses mencetak prestasi mengesankan. Ia merebut gelar 2nd Place dalam kompetisi lari nomor 1.000 meter putri. Dan mencatatkan waktu 3 menit 25,09 detik. 

4. Pepry Delilah (SMAN 15 Kota Tangerang) 

SMAN 15 Kota Tangerang memiliki delegasi yang patut diperhitungkan. Ia adalah Pepry Delilah. Siswa kelas XI yang berhasil menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Pepry berhasil meraih podium pertama setelah sukses dalam tiga kali percobaan lompatan. Dengan catatan terbaiknya mencapai 4,62 meter.

5. Zanuar Iqbal Mustafa (SMK Panca Bhakti Banjarnegara)

2023 adalah tahun Zanuar Iqbal Mustofa ikut serta dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Mewakili SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Zanuar bersaing untuk nomor tolak peluru putra. Yang babak finalnya diselenggarakan pada Sabtu, 25 November 2023. Tepatnya di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang.

Baca Juga: Punya Sejarah Atletik, Peserta Bangga National Championship Digelar di Solo!

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship telah ditentukan. Babak puncak dari SAC Indonesia 2023 itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES