Suasana perlombaan relay 4x100m putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

SMAN 3 Mojokerto punya wakil yang begitu diperhitungkan. Empat sprinter sekolah tersebut berhasil meraih podium ketiga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Khususnya untuk nomor relay 4x100m putri. Sekolah tersebut kembali berprestasi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Diperkuat oleh Alzena Naurah Rayyani, Sheva Aldea Sarachen, Amita Soffiyul Aini, dan Oktavia Suci Nur Rahmadani, skuad putri SMAN 3 Mojokerto berhasil meraih podium kedua National Championship 2023. Mereka tampil mengagumkan dan menctatkan waktu 56,11 detik. 

"Kali pertama kita ikut SAC dan dapat juara ketiga. Alhamdulillah usaha tidak mengkhianati hasill. Setelah tahu kita lolos, kita mempersiapkan semuanya," kata Sheva Aldea. 

Skuad SMAN 3 Mojokerto terdiri dari para sprinter pilihan sekolah. Namun, tim estafet tersebut baru terbentuk saat SAC Indonesia akan segera dimulai. "Di sekolah memang belum ada ekstrakurikuler atletik. Tapi kalau lomba-lomba tergantung ada event apa dan lihat diadakan di mana event-nya dan persiapan latian sebagai student athlete," tutur Sheva Aldea. 

Skuad SMAN 3 Mojokerto begitu mengapresiasi SAC Indonesia. Menurut Sheva ini merupakan perlombaan yang sangat memperluas wawasan. Selain itu, ini juga merupakan perlombaan podium perdana. "Kita juga jadi tahu musuh-musuh yang dari luar Jawa, luar pulau dan bisa saling sharing," kata Sheva. 

Baca Juga: Lomba di Solo, Juanda dari SMKN 7 Medan Tertarik dengan Bahasa Jawa

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES