Sosok Atthiyah Ghina Putriasih saat bersaing di Energen Champion SAC 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia telah berjalan dua musim. Tolak peluru putri menjadi salah satu nomor yang diperlombakan di kompetisi pelajar terbesar di Indonesia ini. Sama seperti sektor putra, tolak peluru putri juga banyak diminati oleh pelajar pemula dalam olahraga atletik. Pasalnya, tolak peluru mudah untuk dipelajari.

Meskipun begitu, rekor SAC untuk tolak peluru putri belum dipecahkan sampai hari ini. Penasaran  siapa saja yang menempati top 5 klasemen SAC Indonesia. 

1. Salsyabila Aprilianti (SAC 2022)

Salsyabila Aprilianti adalah ratu tolak peluru di Energen Champion SAC Indonesia, untuk saat ini. Siswi SMAN 3 Tegal tersebut juga menjadi juara di babak National Championship 2022. Salsya -begitu ia kerap disapa- mencatatkan perolehan sejauh 10,54 meter. Yang sampai saat ini masih menjadi rekor SAC Indonesia di nomor tolak peluru putri. 

2. Zahrina Amalia (SAC 2023)

Zahrina Amalia adalah siswa MAN 2 Banjarnegara yang begitu mentereng di nomor tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia. Zahrina adalah runner up National Championship 2022. Dan menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Catatan terbaiknya saat ini adalah 10,12 meter. 

3. Saniy Rahma Nabilah (SAC 2022)

Saniy Rahma Nabilah merupakan nama yang begitu mentereng di Energen Champion SAC Indonesia Central Java Qualifiers. Saniy adalah runner up National Championship. Kemudian, siswi SMAN 12 Semarang itu adalah runner up Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Hingga saat ini, Catatan terbaik Saniy adalah 9,57 meter. 

4. Atthiyah Ghina Putriasih (SAC 2023)

Atthiyah Ghina Putriasih berhasil menggemparkan jagad SAC Indonesia. Siswi SMAN 1 Babakan tersebut menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Atthiyah berhasil mencatatkan lemparan 9,26 meter. Salah satu yang terbaik di antara catatan lemparan top 5 di tolak peluru putri. 

5. Indi Oktavia (SAC 2023)

SMAN 3 Ponorogo memiliki wakil yang begitu diperhitungkan. Adalah Indi Oktavia, yang berhasil menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Indi berhasil mencatatkan lemparan sejauh 9,24 meter. 

Baca Juga: Top 5 Catatan Jarak Lompat Jauh Putri 2022-2023

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES