Salah satu peserta SAC Indonesia dalam Formula One

Pelajar Jawa Timur waktunya siap-siap! Pendaftaran Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 East Java Qualifiers telah dibuka, Rabu, 26 Juli 2023. Buat kamu yang sudah nggak sabar untuk ikut kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran di website www.sacindonesia.com. Periode pendaftarannya akan berlangsung hingga 17 November 2023.  

Sementara itu, Energen Champion SAC Indonesia-East Java Qualifiers sendiri akan digelar di Surabaya, Jawa Timur pada 8-10 Desember 2023. Tentunya penyelenggaraan kali ini tidak akan kalah meriah dengan gelaran Energen ChampionSAC Indonesia-East Java Qualifiers tahun sebelumnya. 

Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event, yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Nantinya, juga ada dua supporting event, yakni Kids' Athletics, yang terdiri dari Kanga's Escape dan Formula One.

Pembukaan pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia East Java Qualifiers membuat antusias para alumni juara National Championship dari Jawa Timur. Salah satunya adalah M. Naufal Alif Rizky, skuad MAN 2 Gresik yang meraih juara di nomor lari estafet 4x100 meter putra. Menurut Naufal, Energen Champion SAC Indonesia 2023 bisa menjadi pintu pertama untuk meraih prestasi yang lebih panjang. 

"Karena di SAC Indonesia, kita bisa tahu banyak hal-hal dasar dalam kompetisi. Atlet profesional juga dilarang untuk ikut. Sehingga banyak kesempatan untuk meraih juara di sini," ungkap Naufal. "Jadi aku berharap banyak anak-anak East Java memanfaatkan ini dengan baik," lanjut Naufal. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Alvia Nanda Rahmania. Salah satu srikandi estafet dari SMAN 9 Surabaya. Menurut Alvia, Energen Champion SAC Indonesia begitu luar biasa. Pasalnya kompetisi ini telah melombakan beberapa tingkat pendidikan. Mulai dari SD, SMP dan SMA. 

"Aku menunggu banget kompetisi ini. Makanya kemarin aku berharap SAC Indonesia diadain lagi. Agar bakat atletik ditemukan lagi dan bisa meneruskan kakak-kakak yang sudah pensiun," ungkap Alvia. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java.

Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak tatak caranya di bawah ini:

Guideline Pendaftaran

1. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran online melalui website www.sacindonesia.com dan klik menu Registration Here!

2. Calon peserta WAJIB mengisi informasi yang dibutuhkan di kolom pengisian Formulir Online yang tertera di website.

3. Pastikan berkas yang diunggah terbaca / terlihat dengan jelas dan sesuai dengan persyaratan (dianjurkan di scan).

4. Setelah pengisian data dan berkas selesai dilakukan, maka calon peserta akan mendapatkan email pemberitahuan.

5. Tahapan verifikasi data akan dilakukan setelah periode pendaftaran ditutup.

6. Tim sekretariat SAC Indonesia akan menghubungi calon peserta atau ofisial apabila terdapat data ataupun berkas yang tidak valid.

Cara Pendaftaran

1. Masuk ke web www.sacindonesia.com

2. Scroll  hingga menemukan opsi "Cara Registrasi Tim".

3. Download "Template Surat" dan "Syarat Pendaftaran".

4. Setelah itu peserta dapat melakukan registrasi ke Menu Register dengan klik "Registration Here".

5. Pilih "Kategori," "Regional Qualifiers," "Tingkat Pendidikan," "Sekolah" dan "Kompetisi".

6. Lengkapi data diri yang ada di form.

7. Upload "Pas Foto" dan "Surat Pernyataan Kepala Sekolah".

8. Isi data diri Ofisial.

9. Kemudian, upload "Foto ofisial" dan "Surat Tugas ofisial".

10. Lalu, Upload Berkas lainnya.

Setelah itu, periksa lagi form registrasi yang sudah diisi dan pastikan dengan benar. Jika sudah, klik kolom terakhir yang berisikan pernyataan bahwa kalian telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan klik "Submit." Setelah berhasil mendaftar, kalian akan mendapatkan email konfirmasi bahwa kalian telah terdaftar. (*)

  RELATED ARTICLES