Skuad SMAN 91 Jakarta usai merebut podium kedua relays 4x100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

SMAN 91 Jakarta punya kumpulan sprinter yang membanggakan. Dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, sekolah tersebut berhasil meraih gelar runner up 4x100 meter putra. Mereka adalah Abdul, Ega Rafi Z. Faqih Fadhila dan Hafizh Noor K. Yang sukses mencatatkan perolehan waktu 47,06 detik. 

Keberhasilan SMAN 91 Jakarta di musim baru tak lepas dari jam terbang tinggi dan tim yang telah terlatih. Mengantongi pengalaman dan latihan di musim sebelumnya, membuat SMAN 91 Jakarta membawa pulang medali musim ini. 

"Jadi awal mula kita bisa mengikuti SAC ini karena memang sudah berpengalaman dari season sebelumnya dan juga pada saat season pertama SAC, kami mendapatkan podium 3 di nomor estafet putra," terang Hafizh. 

Keempat penggawa SMAN 91 Jakarta merupakan sprinter 100 meter putra. Yang telah mondar-mandir di Kejuaraan Atletik Pelajar Bulanan (KAPB). Bahkan, beberapa di antaranya sudah membawa pulang medali di kompetisi itu 

"Jadi kami sudah terasah kemampuannya di nomor sprinter, sehingga kami menemukan kesempatan di SAC ini dan kami mencari peluang di nomor estafet," lanjut Hafizh. 

Selain di nomor estafet, SMAN 91 Jakarta juga bepartisipasi di nomor individu. Mulai dari 1.000 meter, lompat jauh, 100 meter hingga tolak peluru. Hanya saja, di musim 2023, SMAN 91 Jakarta memperkuat diri untuk kompetisi beregu. "Itulah kenapa, selain tim putra, tim putri kami juga berhasil membawa pulang juara," kata Hafizh. 

Keberhasilan SMAN 91 Jakarta di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers merupakan kerja keras dan dukungan banyak pihak. Mulai dari pelatih, Ridwan Abdul Rachman dan Meiko Setiawan, pihak sekolah hingga orang tua. 

"Banyak rintangan tapi kami saling percaya satu sama lain sehingga bisa mendapatkan kesempatan main di National Championship nanti," lanjut Hafizh. 

Persiapan SMAN 91 Jakarta untuk Jakarta Banten Qualifiers tak main-main. Mereka menjadwalkan latihan rutin setiap minggunya. Mulai dari materi transisi, menghitung checkmark dan menguji personal best dilakukan. "Kita juga biasanya latihan di Stadion Atletik Rawamangun. Dan ternyata sewaktu perlombaan tembus PB. Kami bangga sekali," aku Hafizh. 

Dengan begini, Hafizh berharap skuad SMAN 91 Jakarta bisa tampil maksimal di National Championship nanti. Dan membuat bangga orang tua, guru kami, pelatih, teman-teman bahkan wilayah regional Jakarta Banten. Apalagi, wakil Jakarta Banten nantinya akan berebut gelar Champion dengan juara regional qualifiers yang lain.

Baca Juga: 48 Delegasi Bali Nusra Qualifiers Siap Bersaing di National Championship!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers diikuti oleh 4.520 peserta dari 360 sekolah di DKI Jakarta dan Banten. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 3-5 November 2023.

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES