Deka Pratama melakukan selebrasi usai finis pertama di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

M. Deka Pratama sukses menjuarai 100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Siswa SMK Jambi, Medan itu finis di urutan pertama dengan catatan waktu 11,384 detik. Perolehan ini lebih tajam daripada catatan waktu Deka pada musim lalu. Dengan begitu, ia akan kembali ke babak National Championship. 

Deka mengaku terharu sekaligus senang dengan kabar keberangkatannya Energen Champion SAC National Championship. Pasalnya, ia kembali bisa merasakan euphoria mewakili daerah dan nama sekolah untuk berlaga. "Rasanya campur aduk. Tapi yang pasti ingin sekali untuk kembali merasakan National Championship," tutur Deka. 

Sementara itu di posisi kedua ada Herwarno Saputra dari SMA Muhammadiyah Kabanjahe. Pesaing lari jarak pendek dengan catatan 11,43 detik. Sedangkan di posisi tiga ada Mhd. Rizky Ramadhan dari MA YMPI Sei Tualang Raso dengan catatan 11,671 detik. 

Ketiga nama teratas di nomor 100 meter putra merupakan Energen Champion SAC 2022 Sumatera Qualifiers. Jika Deka merupakan juara 100 meter putra, Mhd. Rizky adalah runner up. Sementara Herwarno Saputra merupakan finalis. 

Baca Juga: Tanpa Klub dan Pelatih, M. Deka Pratama Juarai Sprint 100 Meter Putra

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers sukses digelar pada 1-3 September 2023. Ini merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Hasil 100 Meter Putra: 

1. Muhammad Deka Pratama (SMK Jambi) - 11,38 detik

2. Herwarno (SMA Muhammadiyah Kabanjahe) - 11,43 detik

3. Mhd. Rizky Ramadhan (MA YMPI Sei Tualang Raso) - 11,67 detik

4. Nurmansyah Hidayat (SMK Karya Utama Tanjung Balai) - 11,94 detik

5. Wildan Al Fauzan Butar Butar (SMAN Tanjung Balai) - 12,02 detik

6. SMA Methodist Tanjung Morawa - 14,74 detik

7. Asyrifa Khaylilla (SMKN 2 Medan) -14,54 detik

8. Ayuningtyas Amanda Tanzil (SMA Indonesia Membangun) - 15,06 detik

  RELATED ARTICLES