(World Athletics)

Lontar martil merupakan salah satu nomor yang diperlombakan dalam kompetisi atletik. Olahraga tersebut meminta seorang atlet untuk melontarkan sebuah benda berat (Martil) berbentuk bola sejauh mungkin. Atlet yang berhasil melemparkan martil terjauh akan menjadi pemenang dalam kompetisi. Nah, sebagai atlet lontar martil, tentunya wajib memahami beberapa peralatan yang diperlukan. 

Berikut adalah beberapa peralatan yang biasanya dipakai dalam lontar martil: 

1. Kostum

Atlet lontar martil tentunya memiliki kostum khusus. Ini untuk menunjang performa mereka selama perlombaan. Apalagi, atlet lontar martil membutuhkan gerak kompleks agar dapat melemparkan martil sejauh mungkin. Pelontar martil biasanya memakai rompi ringan dan celana pendek. Celana pendek ini mungkin dipasang ketat untuk menopang paha. 

2. Sepatu

Biasanya, pelontar martil akan menggunakan sepatu tanpa gerigi agar dapat memberikan gerak maksimal dan mempermudah rotasi. Pasalnya, seorang pelontar martil biasanya harus melakukan putaran dengan maksimal. 

Baca Juga: Lontar Martil: Pengertian, Sejarah, Teknik, Aturan dan Manfaat

3. Sarung Tangan

Pelontar Martil biasanya wajib menggunakan sarung tangan kulit dengan penutup jari yang tebal untuk memastikan pegangannya kokoh. Ini juga berguna untuk menahan kulit agar tidak bergesekan langsung dengan pegangan kawat yang ada dalam martil. Sehingga, tangan tidak mudah terluka. 

4. Martil

Martil yang digunakan dalam lontar martil adalah sebuah alat yang dipasangi kawat baja yang disambungkan ke bola logam di satu ujung dan pegangan di ujung lainnya. 

Bola ini berisi besi padat, kuningan atau logam yang tidak lebih lunak dari kuningan. Dalam hal ini berat bola logam biasanya sekitar 7,26 kilogram untuk pria dan 4 kilogram untuk wanita yang diikatkan dengan kawat baja (tidak lebih dari 1,22m) pada pegangannya.

Area Bermain Lontar Martil 

Area bermain terdiri dari lingkaran lempar, sangkar pelindung dan sektor pendaratan. Lingkaran lempar beton sebagian ditutup oleh sangkar pelindung yang terbuat dari panel tali atau kawat logam. 

Baca Juga: 10 Atlet Lontar Martil Terbaik di Dunia

Kandang ini berfungsi untuk melindungi ofisial dan penonton dari terjadinya lemparan berbahaya. Bidang pendaratannya 34,92 derajat dan berada di tengah depan lingkaran lempar. Lingkaran lempar berukuran diameter 2,135 meter  dan atlet perlu memastikan bahwa kakinya tidak keluar dari lingkaran lempar pada saat melakukan atau setelah melakukan lontaran. (*)

  RELATED ARTICLES