Yuriy Sedykh (world athletics)

Lontar martil adalah salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik yang begitu populer di dunia. Meskipun di Indonesia kalian mungkin jarang mendengar olahraga lontar martil, disiplin ini diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain itu, lontar martil juga menjadi olahraga yang populer di Eropa dan Amerika. Kedua benua tersebut bahkan melahirkan atlet-atlet lontar martil terbaik di dunia. 

Pada dasarnya, lontar martil adalah olahraga yang terdiri dari gerakan melempar bola logam dengan berat tertentu sejauh mungkin. Bola logam tersebut dipasangkan dengan kawat baja. Sebelum melempar, para atlet juga diwajibkan untuk memutar. 

Sebuah catatan sejarah mengatakan bahwa olahraga lontar martil telah ada 2000 tahun sebelum masehi. Olahraga ini dipercaya berasal dari Irlandia. Yang biasanya dimainkan dalam sebuah kompetisi kuno bernama Taliteann Games. Olahraga ini kemudian merebak ke seluruh Eropa. Bahkan perguruan tinggi di bagian Bumi Utara itu juga memiliki kompetisi khusus lontar martil.

Baca Juga: Lontar Martil: Pengertian, Sejarah, Teknik, Aturan dan Manfaat

Sama seperti sejarahnya, pemegang rekor lontar martil terbaik di dunia juga didominasi oleh atlet dari dataran tersebut. Siapa saja? Berikut adalah 10 atlet lontar martil terbaik di dunia. 

1. Yuriy Sedykh

Yuriy Sedykh dalam kejuaraan atletik Eropa-SAC Indonesia

Yuriy Sedykh (TASS)

Yuriy Sedykh adalah salah satu pelontar martil terbaik dalam sejarah dunia. Ia sebanyak tiga kali mewakili Uni Soviet (sekarang Rusia) dalam tiga ajang Olimpiade dan memenangkan dua medali emas. Sedykh berpengaruh besar dalam olahraga lontar martil. Ia dikenal karena teknik rotasi yang unik namun mematikan. Selain itu, skill-nya juga luar biasa. 

Selain Olimpiade, kariernya juga cemerlang dalam kejuaraan di Eropa. Ia memenangkan tiga kali European Championships. Dan satu World Championships. Yuriy juga memecahkan rekor enam kali dalam olahraga lontar martil. Rekor dunia saat ini masih dipegangnya dengan catatan 86,74 meter. 

2. Sergey Litvinov

Sergey Litvinov dalam kejuaraan atletik di dunia

Sergey Litvinov (AFP)

Sergey Nikolaevich Litvinov adalah atlet lontar martil Rusia dan pelatih atletik terkemuka. Dia terkenal karena kompetisi di Olimpiade 1980 dan 1988, yang masing-masing memenangkan medali perak dan emas. Litvinov juga memenangkan dua gelar World Championships, pada tahun 1983 dan 1987. Setelah pensiun dari kompetisi, dia melatih para atlet lontar martil elit, termasuk Ivan Tsikhan.

Sepanjang kariernya, Litvinov bertarung dengan Yuriy Sedykh. Litvinov mencetak tiga rekor dunia, yang terakhir adalah 84,14 meter pada Juni 1983. Namun, Sedykh memperbaiki rekor dunia tersebut menjadi 86,34 m pada tahun 1984 dan menjadi 86,74 m pada European Championships di tahun 1986. Pada tahun 1986, Litvinov mencatatkan 86,04 meter yang merupakan rekor terbaik pribadinya. Hasil ini menempatkannya dalam lontar martil terbaik kedua. 

3. Vadim Anatolyevich Devyatovskiy

Vadim Anatolyevich Devyatovskiy saat menghadapi kejuaraan atletik dunia tahun 2019

Vadim Anatolyevich Devyatovskiy (AFP)

Vadim Anatolyevich Devyatovskiy adalah pelontar martil asal Belarusia. Pada 2005, Vadim memenangkan World Championships setelah medali emas rekan senegaranya Ivan Tsikhan dicabut karena pelanggaran doping. Pada Juli di tahun yang sama, Vadim sukses mencatatkan Jarak 84,90 meter, yang saat ini merupakan rekor terbaik pribadinya. 

Vadim awalnya memenangkan medali perak di Olimpiade 2008, namun dicabut karena pelanggaran doping.

4. Koji Alexander Murofushi

Koji Alexander Murofoshi dalam kejuaraan atletik dunia tahun 2011 di Korea

Koji Alexander (Wikipedia)

Koji Alexander Murofushi adalah mantan pelontar martil dan ilmuwan olahraga keturunan Jepang-Rumania. Murofushi telah berada di daftar jajaran olahragawan elit dunia sejak World Championships pada 2001, di mana dia memenangkan medali perak. Kemudian pada Olimpiade 2004, Murofushi menyabet gelar juara. Pada 2011, ia dinobatkan sebagai juara dunia. Rekor terbaik Koji Alexander Murofushi adalah 84,86 meter yang diperoleh dalam kejuaraan atletik dunia, di Prague, tahun 2003. 

5. Igor Astapkovich 

Igor Astapkovich

Igor Astapkovich (AFP)

Igor Astapkovich adalah pelontar martil yang memenangkan dua medali Olimpiade, pertama mewakili Uni Soviet dan kemudian negara asalnya Belarusia.

Dia memenangkan medali perak di tiga World Championships berturut-turut, dan menjadi juara di European Championships pada 1990. Lemparan terbaik pribadinya adalah 84,62 meter, yang dicapai pada tahun 1992. Lemparan tersebut membuat Igor berada di urutan kelima dalam daftar pelontar martil sepanjang masa.

Baca Juga: Lontar Martil: Pengertian, Sejarah, Teknik, Aturan dan Manfaat

6. Ivan Ryhoravich Tsikhan

Ivan Ryhoravich Tsikhan dalam Summer Olympics 2018

Ivan Ryhoravich Tsikhan (paling kiri). Foto: AFP

Ivan Ryhoravich Tsikhan adalah pelontar martil asal Belarusia. Dia merupakan peraih juara dunia dua kali dan peraih medali Olimpiade. Pada 2005, ia menjuarai World Championships dan World Athletics Final, tetapi medali emasnya dicabut dari kedua acara tersebut karena pelanggaran doping. Dalam kejuaraan nasional Belarusia di Brest pada Juli, Tsikhan berhasil mencatatkan lontaran yang hanya selisih satu sentimeter dari rekor dunia 86,74 meter, yang dipegang oleh Yuriy Sedykh sejak 1986. 

7. Igor Yuriveyich Nikulin

Igor Yuriyevich Nikulin (AFP)

Igor Yuriyevich Nikulin adalah seorang pelontar martil yang berasal dari Uni Soviet. Setelah Uni Soviet pecah, Nikulin mewakili Rusia dalam berbagai perlombaan dunia. Dia memenangkan medali perunggu di Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol. Rekor dunia U23 Nikulin adalah 83,54 meter, ditetapkan pada 2 September 1982 dalam sebuah kejuaraan di Athena, Yunani. 

8. Jüri Tamm

Jüri Tamm (AFP)

Jüri Tamm adalah seorang pelontar martil dan politikus Estonia. Saat menjadi wakil Uni Soviet di berbagai kejuaraan dunia, Tamm memenangkan medali perunggu di Olimpiade 1980 dan 1988. Juga medali perak di World Athletics Championships pada 1987. Dia mencetak rekor dunia untuk lontar martil pada tahun 1980 dengan jarak 80,46 meter. Hingga saat ini, lemparan terbaik pribadi Tamm adalah 84,40 meter, yang dicapai pada tahun 1984.

9. Adrián Zsolt Annus 

Adrián Zsolt Annus

Adrián Zsolt Annus (AFP)

Adrián Zsolt Annus adalah seorang atlet pelontar martil kelahiran Hungaria, yang memenangkan medali emas pada Olimpiade 2004 di Athena. Namun, karena pelanggaran doping, medali tersebut dicopot atas namanya.

Tahun 2002 dan 2003 adalah tahun-tahun terbaiknya. Pada tahun 2002 ia memenangkan European Championships dan pada tahun 2003 ia meraih medali perak di World Championships. Dia juga memenangkan World Athletic Final 2003. Pencapaian ini membuatnya mendapatkan gelar Hungarian Sportsman of the Year. Rekor terbaik Adrián Zsolt Annus adalah 84,19 meter.

10. Pawel Fajdek 

Pawel Fajdek dalam kejuaraan atletik dunia di Doha tahun 2019

Pawel Fajdek (AFP)

Pawel Fajdek adalah pelontar martil Polandia. Ia meraih gelar World Championships lima kali, European Championships, pemenang medali perunggu Olimpiade, beberapa juara Polandia dan pemegang rekor lontar martil Polandia. Lemparan terbaik pribadinya sejauh 83,93 meter dicapai pada 9 Agustus 2015 di Janusz Kusocinski Memorial di Szczecin. (*)

  RELATED ARTICLES