Cahyo Adi Wicaksono (kiri) menerima UPP bersama dengan dua peraih podium tolak peluru yang lain

Cahyo Adi Wicaksono masih tak menyangka. Dirinya akan mengikuti National Championship dari SAC Indonesia. Kesempatan itu Cahyo raih usai ia memenangkan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers di nomor tolak peluru putr jenjang SMA. Yang diselenggarakan di Stadion Arcamanik, pada 22-24 September lalu. 

Seperti tahun sebelumnya, sistem kompetisi SAC Indonesia masih menggunakan konsep bertingkat. Juara 1, 2 dan 3 dari regional qualifiers akan kembali dilombakan di tingkat National Championship. Nantinya, di babak National Championship, Cahyo akan mewakili SMA Indocement dan Jawa Barat. Bersaing melawan sekolah dari daerah lainnya. 

"Sempat kaget karena tahun lalu nggak lolos babak selanjutnya. Namun tahun sekarang bisa ikut serta ke babak nasional. Alhamdulillah dan bersyukur bisa lolos ke babak nasional karena suatu kebanggaan bagi diri saya sendiri dan keluarga," kata Cahyo. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, Cahyo berhasil meraih posisi ke delapan. Namun ia tak menyerah. Selama kesempatan mengikuti kompetisi masih besar, Cahyo akan tetap berkompetisi. "Setelah perlombaan tahun lalu, saya melanjutkan latihan tolak peluru alhamdulilah sekarang bisa naik podium," lanjutnya. 

Cahyo mengaku telah menyiapkan diri untuk mengikuti babak National Championship. Ia bahkan telah menjadwalkan latihan dengan rutin. "Program latihannya yaitu hari Senin, Rabu, Jumat latihan tekhnik, hari Selasa, Kamis, Sabtu latihan kekuatan dan hari Minggunya digunakan untuk istirahat, harus teratur seperti itu," terangnya. 

Di babak National Championship nanti, Cahyo kembali menargetkan podium juara. Agar bisa kembali membanggakan almamater sekolahnya. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES