Sosok Rashylla Ananova saat beraksi di lompat jauh putri West Java Qualifiers 2023

Gelar juara lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers telah menemukan pemiliknya. Dalam babak final yang berlangsung Sabtu, 23 September 2023, Rashylla Ananova dari SMAN 2 Bekasi menjadi terbaik di antara 31 orang peserta lompat jauh putri. Rashylla berhasil menjangkau jarak lompatan sejauh 4,41 meter.

Awalnya, Rashylla sempat drop karena lompatan awalnya tak memuaskan. Disusul dengan lompatan kedua yang hanya mencapai 3,74 meter. Namun, di lompatan ketiga, Rashylla berhasil mencatatkan 4,41 meter. "Awal-awal nervous karena jarak lompatnya mungkin bisa dibilang yang terpendek. Tapi nggak nyangka yang terakhir berhasil mendapatkan 4,41 meter," kata Rashylla.

Sementara itu, di posisi kedua ada Dewi Khairun Nisa dari SMAN 1 Ciamis. Yang berhasil menjangkau jarak lompatan 4,35 meter. Sama seperti Rashylla, Dewi berhasil dalam tiga kali percobaan. Yang terbaik merupakan lompatan pertama. Sedanglan di tempat 3rd Place dihuni oleh Nadila Putri Suryana dari SMAN 1 Beber, Cirebon yang sukses meraih jarak lompatan 4,34 meter.  

Baca Juga: Winney Maharati Berharap Dapat Teknik Lompat Jauh Baru Saat TC di Australia

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers diikuti oleh 5.611 pelajar dari 417 sekolah dari seluruh Jawa Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini diselenggarakan pada 22-24 September 2023 di Stadion Arcamanik, Bandung. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Hasil Lompat Jauh (Long Jump) SMA Putri: 

1. Rashylla Ananova L (SMAN 2 Bekasi) - 4,41 meter

2. Dewi Khairun Nisa (SMAN 1 Ciamis) - 4,35 meter

3. Nadila Putri Suryana (SMAN 1 Beber) - 4,34 meter

  RELATED ARTICLES