Keseruan lari jarak menengah dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers

Jangan hanya puas mentereng di kompetisi basket. Kini, waktunya sekolahmu berprestasi di cabang olahraga (cabor) lain. Kali ini DBL akan menantangmu untuk membuktikan kamu dan sekolahmu bisa berprestasi di cabor ATLETIK.

Ya, atletik! Kalian pasti tahu, sudah dua musim ini DBL Indonesia bekerjasama dengan PB PASI menyelenggarakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Namanya Energen Champion SAC Indonesia 2023.

Sesuai namanya, kompetisi ini memang diperuntukkan bagi pelajar.

Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia 2023 juga akan singgah di Jakarta. Bertajuk Jakarta Banten Qualifiers. Kompetisi atletik untuk pelajar di DKI Jakarta dan Banten itu akan berlangsung pada 3-5 November. Bertempat di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur.

Kompetisi Energen Champion SAC Indonesia diperuntukkan bagi pelajar non pengalaman. 

Sekolah olahraga. Atlet profesional. Pelajar di bawah pembinaan lembaga pemerintah tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi ini.

So, jangan khawatir terkait ketatnya persaingan di sini. 

Pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers telah dibuka sejak  25 Juli 2023. Periode pendaftaran kompetisi tersebut akan berlangsung sampai 15 Oktober 2023. 

Masih ada sekitar tiga minggu lagi buat kamu untuk menjadi bagian keluarga dari kompetisi atletik paling bergengsi di Tanah Air. 

Pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers dapat dilakukan di www.sacindonesia.com

Mendaftarnya gampang banget. Pastikan kamu telah menyiapkan serangkaian berkas administrasi. Di antaranya, surat pernyataan kepala sekolah, surat keterangan non atlet profesional, halaman depan rapor, kartu pelajar dan foto akta kelahiran atau kartu keluarga (KK). 

Sudah ada puluhan sekolah di Jakarta yang telah membuktikan kehebatan mereka. Yang tak hanya unggul di olahraga basket. Melainkan juga sukses berprestasi di cabor atletik. 

Misalnya adalah SMAN 1 Jakarta!

Di basket DBL, SMAN 1 Jakarta telah rutin berkompetisi sejak musim 2019. Sekolah tersebut bahkan memenangkan beberapa pertemuan.

Skuad putri Boedoet (julukan SMAN 1 Jakarta) memenangkan laga melawan SMA Santa Ursula Jakarta di musim 2019. 

Sementara penggawa putra Boedoet sukses menumbangkan SMA Ipeka Pluit di tahun yang sama. 

Baca Juga: Delegasi SMAN 1 Jakarta Terbaik di Penyisihan Lompat Jauh Putra

Sedangkan di Energen Champion SAC Indonesia 2022, wakil SMAN 1 Jakarta berhasil menjuarai nomor lompat jauh putra. Yang diraih oleh Abdillah Panca Wiradhika. 

Wira -begitu ia kerap disapa- juga berhasil membawa nama SMAN 1 Jakarta melambung di babak nasional Energen Champion SAC Indonesia.

Hal serupa juga dilakukan oleh SMAN 39 Jakarta. Sekolah tersebut tak hanya unggul di kompetisi basket DBL. Melainkan juga di Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. 

Skuad putra Galan (sebutan untuk SMAN 39 Jakarta) berhasil menjadi salah satu sekolah yang melaju ke babak Sweet Sixteen dalam liga basket DBL musim 2021. 

Tak puas menorehkan prestasi di sana, Galan juga mencatatkan sejarah di kompetisi atletik Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. 

Baca Juga: Tim SMAN 39 Jakarta Mengunci Gelar Juara di Estafet Putra

Galan berhasil menjuarai nomor estafet 4x100 meter putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut bahkan melaju ke babak National Championship. Tentunya, dengan perolehan ini, Galan berhasil membuktikan dirinya berprestasi tak hanya di basket. Melainkan juga atletik. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam qualifiers. Di antaranya, Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. 

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. 

Kemudian juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.(*)



  RELATED ARTICLES