Makan pagi atau sarapan merupakan salah satu proses makan paling penting dalam satu hari kebutuhan manusia. Sarapan juga dapat mengisi perut kalian dan membantu menghindari makan berlebihan serta ngemil di waktu siang dan malam hari. Khusus bagi atlet yang membutuhkan banyak energi dalam satu hari kebutuhan makan, sarapan juga dapat menambah semengat dan rasa fokus bagi mereka. 

Berikut adalah manfaat kamu melakukan sarapan berdasarkan publikasi dari University of Pittsburgh Medical Center:

1. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Sarapan di pagi hari dapat mengisi kembali persediaan glukosa atau gula darah untuk meningkatkan energi dan fokus diri. Untuk menghindari fluktuasi glukosa, ada baiknya kalian melakukan sarapan dengan menu buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dalam waktu dua jam setelah bangun tidur.

2. Memulai dan Meningkat Metabolisme Tubuh

Sarapan bisa memulai metabolisme di pagi hari. Membuat metabolisme bekerja lebih awal membantu membakar kalori sepanjang hari. Jika kamu melewatkan sarapan, akan ada sinyal yang dapat memberi tahu tubuh untuk menghemat kalori ekstra.

3. Meningkatkan Energi

Sarapan memberi energi pada tubuh. Orang yang makan lebih awal menunjukkan peningkatan aktivitas fisik di pagi hari yang lebih kuat dibandingkan orang yang melewatkan sarapan. Aktivitas dan sarapan dapat bersinergi membantu mencegah penambahan berat badan dan kelelahan.

4. Merangsang Kinerja Otak dengan Lebih Baik

Sarapan sebenarnya bisa memberi manusia keunggulan mental. Kadar glukosa yang stabil dapat membantu kemampuan untuk fokus, bernalar, dan memproses informasi.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Orang yang melewatkan sarapan cenderung bisa menambah berat badan, menurut penelitian. Penambahan berat badan berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung. 

Jika kamu telah mengetahui manfaat sarapan berikut adalah beberapa menu rekomendasi sarapan sehat selain nasi:

Deretan Ide Sarapan Sehat Selain Nasi

Apa yang orang makan sama pentingnya dengan kapan waktu mereka makan. Pastikan untuk mengonsumsi biji-bijian, protein, serta buah dan sayuran yang sehat. Berikut adalah beberapa ide untuk dicoba:

1. Telur - Tinggi Protein 

Dengan kandungan tinggi protein, telur mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama. Batasi lauk pauk yang tidak sehat seperti sosis dan daging olahan lainnya. Kamu bisa memilih menu sarapan telur yang dimakan dengan didampingi roti gandum, buah utuh, atau sayuran tumis untuk nilai gizi tertinggi.

2. Oatmeal 

Oatmeal adalah pilihan sarapan klasik yang bergizi dan bermanfaat untuk energi. Penuh serat dan bisa membuat kenyang, oatmeal merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik dan mengandung sekitar 10 gram protein per cangkir. Tingkatkan kandungan protein dengan mencampurkan beberapa bubuk protein, membuatnya dengan susu sebagai pengganti air, atau menambahkannya dengan telur.

3. Yoghurt 

Sumber protein dan nutrisi yang cepat dan mudah ini memiliki 25 gram protein dan hanya 149 kalori dalam porsi 1 cangkir. Untuk meningkatkan rasa, taburkan yoghurt dengan beri, buah cincang, dan kacang-kacangan untuk menambahkan lebih banyak serat, vitamin, dan mineral.

4. Roti Gandum 

Roti gandum adalah menu sarapan sederhana ini bisa menjadi sumber cepat serat dan karbohidrat kompleks. Cobalah roti gandum untuk mendapatkan lebih banyak serat dan protein. Sajikan roti panggang dengan didampingi oleh: 

- Alpukat tumbuk. 

-Telur goreng atau orak-arik atau salad telur.

-Tumis tomat.

-Selai kacang dan pisang.

-Keju dan stroberi.

-Irisan buah dan madu,

5. Energen Champion

Energen Champion merupakan salah satu menu sarapan yang pas. Khususnya bagi kebutuhan keluarga. Energen Champion juga mengandung cokelat dengan susu, malt, 8 vitamin dan telur membantu memenuhi kebutuhan gizi sekeluarga. (*)

  RELATED ARTICLES