Muhammad Rizky Ramadhan saat bersaing dalam babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Siapa yang tidak kenal dengan Muhammad Rizky Ramadhan. Pemegang gelar 3rd Place 100 meter putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Siswa MA YMPI Sei Tualang raso tersebut finis dengan catatan waktu 11,67 detik. Dengan begini, Rizky -panggilannya- bakal melaju ke babak National Championship. 

Rizky berharap dapat memberikan yang terbaik dalam Energen Champion SAC National Championship. Ia bahkan telah memantapkan diri untuk bergabung dalam klub atletik. Menurutnya, babak nasional dari kompetisi pelajar itu harus ia seriusi. "Gimana, masih pemula jadi belum gabung klub apa-apa," tutur Rizky. 

Rizky terjun ke dunia atletik secara tak sengaja. Ia sebenarnya menyukai olahraga sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Namun, saat melanjutkan pendidikan di pondok pesantren, Rizky sering mengikuti kejuaraan lari jarak pendek. Mulai 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Sejak duduk di bangku SMA, barulah Rizky tekun latihan. Yang dibimbing langsung oleh Deddy Surya, mantan atlet nasional. 

Berlaga di SAC Indonesia menjadi pengalaman berharga bagi Rizky. Pasalnya, ini merupakan kompetisi tingkat nasional pertama yang diikutinya. Bahkan gelaran Sumatera Qualifiers kemarin Rizky harus berhadapan dengan siswa dan siswi dari luar Sumatra Utara. "Ini semua juga Berkat doa ibu saya, doa teman-teman, pelatih dan keluarga saya," lanjutnya. 

Baca Juga: Deka Pratama Pertahankan Gelar Juara 100 Meter Putra di Sumatera Qualifiers

Nantinya, Rizky akan berlaga ditemani oleh Muhammad Deka Pratama (SMK Jambi) dan Herwarno (SMA Muhammadiyah Kabanjahe). Ketiganya optimsitis bahwa wakil Sumatra mampu meraih juara. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana di Medan Sumatra Utara. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES