Wakil dari North Sumatera Qualifiers dalam babak final Energen Champion SAC National Championship 2023

SMAN 1 Pematang Siantar akan bersaing dalam nomor primadona Energen Champion SAC Indonesia 2023. Yakni 4x100 meter putra. Sekolah tersebut akan mengirimkan roster yang delegasikan oleh Velix Johanes Parulian Simanjuntak, Maychel Jordan Sirait, Ray Sandean Sinaga dan Rian Gunawan Sirait. 

Menurut Hardianto Sinaga, guru PJOK SMAN 1 Pematang Siantar, sekolah tersebut akan mengirimkan delegasi untuk SAC Indonesia dikarenakan adanya pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang memadai. Herdianto juga melihat bahwa banyak anak didiknya yang berbakat dalam cabor atletik. Yang bisa dikembangkan lagi dengan mengikuti SAC Indonesia.

"Motivasi kami semakin bertumbuh ketika sekolah kami kemarin berhasil meraih juara dalam ajang O2SN tingkat kota. Sehingga untuk saat ini kami ingin mengikuti perlombaan yang lebih besar," kata Hardianto. 

Selain mengirimkan delegasi untuk nomor 4x100 meter putra, SMAN 1 Pematang Siantar juga mengirimkan delegasi di nomor lari jarak menengah untuk 1.000 meter putra oleh Andika Tuahta Tarigan. 

SMAN 1 Pematang Siantar saat berlatih dalam SAC Indonesia 2023

"Jadi semua anak-anak ini memang menggeluti dunia atletik dan mereka aktif dalam esktrakurikuler. Jadi kalau latihan memang terjadwal dilakukan. Intensitasnya juga ditingkatkan untuk menghadapi SAC Indonesia," tutur Hardianto. 

Tak lupa, Hardianto juga mengapresiasi gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurutnya, kompetisi ini bisa menggali bakat dan minat pelajar. "Semoga SMAN 1 Pematang Siantar bisa tampil dengan maksimal," tandasnya. 

Baca Juga: Mengenal Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan

Nantinya, anak didik Hardianto akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, yang digelar di Stadion Unimed, Medan. Tepatnya 1-3 September mendatang. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES