Juanda Kristian Hutagaol (dua dari kiri) bersama peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, di Stadion Unimed, Medan, pada Jumat 1 September 2023

Juanda Kristian Hutagaol berhasil mencuri perhatian. Siswa SMKN 7 Medan itu menjadi raja tolak peluru putra, setelah menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Dalam kompetisi itu, Juanda sukses mencatatkan jarak sejauh 11,78 meter. Perolehan tersebut berhasil mengantarkan Juanda ke gerbang National Championship. 

Di posisi kedua ada Marcel Lianses Ketaren dari SMAN 1 Sibolangit. Yang sukses mencatatkan perolehan 10,66 meter. Perolehan tersebut berhasil Marcel dapatkan pada percobaan kedua. Sementara percobaan Marcel ketiga gagal ia dapatkan karena tidak dihitung akibat pelanggaran.

Sedangkan di posisi nomor ketiga ada wakil dari SMA Santa Maria Kabanjahe, yakni Riky Riansyah Barus. Yang berhasil mencatatkan jarak 10,54 meter. Hasil tersebut Riky dapatkan usai melakukan tiga kali percobaan. 

Babak final tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers diikuti oleh lebih dari 100 orang. Persaingan di babak final tolak peluru putra juga berlangsung ketat. Margin jarak antara tiga peserta teratas kurang dari satu meter. 

Baca Juga: Baru Terjun ke Atletik, Juanda Bakal Bersaing di SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. Yang berasal tak hanya dari Sumatra Utara, melainkan ada yang dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Hasil Tolak Peluru Sumatera Qualifiers:

1.  Juanda Kristian Hutagaol (SMKN 7 Medan) - 11,78 meter

2.  Marcel Lianses Ketaren (SMAN 1 Sibolangit) - 10,66 meter

3. Riky Riansyah Barus (SMA Santa Maria Kabanjahe) - 10,54 meter

  RELATED ARTICLES