M. Ananda Fitra melewati lap pertama dalam babak final 1.000 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

M. Ananda Fitra begitu membanggakan. Siswa SMAN 1 Kabanjahe, Sumatra Utara itu menjuarai nomor lari 1.000 meter putra dalam Energen Championship SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Ananda, begitu biasanya ia kerap disapa, finis pertama dengan catatan waktu 2 menit 49,76 detik. Dengan begitu, Ananda berhasil mengantongi satu tiket ke babak National Championship. 

Sumatera Qualifiers 2023 merupakan kali kedua bagi Ananda ikut serta di SAC Indonesia. Musim lalu, ia finis di nomor yang sama dengan catatan waktu 2 menit 51,62 detik. "Senang kali. Tahun kemarin juara ketiga. Sekarang bisa di posisi pertama. Tentunya bersyukur sekali," ungkap Ananda, usai berlomba. 

Ananda berharap perolehannya di SAC Indonesia ini dapat menjadi awal yang baik dalam perlombaannya ke depan. Ia juga mengaku mendapat banyak pengalaman setelah kembali berlaga di kompetisi atletik terbesar di Indonesia tersebut. 

Hari ini bukan hanya Ananda yang naik peringkat. Tetapi ada juga Aditia Putra Meilala. Siswa Masehi Biru Biru itu finis di belakang Ananda dengan catatan waktu 2 menit 55,19 detik. Nantinya, kedua putra Sumatra Utara ini akan mewakili Sumatera Qualifiers di babak National Championship. 

Baca Juga: Lari Jarak Menengah: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Manfaat

Aditia bukan pendatang baru di Energen Champion SAC Indonesia. Pada gelaran musim perdana, ia juga mewakili sekolahnya di nomor 1.000 meter putra. Hanya saja, performanya tahun lalu tidak cukup maksimal. Bahkan Aditia juga tak mendapatkan slot final. 

"Tahun kemarin di penyisihan berada di nomor 17. Mau nangis rasanya. Setelah latihan selama setahun untuk SAC Indonesia, senang bisa di posisi kedua," ungkap Aditia. 

Sementara itu di posisi ketiga ada Rayhan Dwi Hardiansyah. Delgasi SMAN 8 Padangsidimpuan tersebut berhasil berada di posisi 2 menit 55,58 detik. Ini menjadi kali pertama Rayhan ikut serta di SAC Indonesia. Pun kali pertama dia bersaing di nomor 1.000 meter putra. "Biasanya saya lari di 5.000. Sekarang baru pertama, dan naik podium tentunya bersyukur," tutur Rayhan. 

Baca Juga: Wakil SMA PGRI 20 Siborongborong Rebut Predikat Raja Lari 1.000 Meter

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers sukses digelar pada 1-3 September 2023. Ini merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain Sumatera, SAC Indonesia juga akan digelar di West Java, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Hasil 1.000 Meter SMA Putra:

1. M. Ananda Fitra (SMAN 1 Kabanjahe) - 2 menit 49,76 detik (WINNER)

2. Aditia Putra Meilala (SMA Masehi Biru Biru) - 2 menit 55,19 detik (2nd Place)

3. Rayhan Dwi Hardiansyah (SMAN 8 Padangsidimpuan) - 2 menit 55,58 detik (3rd Place)

4. Firdan Abdila Sihombing (SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan - 2 menit 56,44 detik

5. Ridho Alamsyah (SMAN 15 Medan) - 2 menit 57,97 detik

6. Joanico Opsunggu (SMAN 1 Matauli Pandan) - 2 menit 59,35 detik

7. Agung Hari Bhaskara (SMAN 4 Kisaran) - 3 menit 01,58 detik

8. Kiel Putra Padang (SMAN 1 Pegagan Hilir) - 3 menit 3,32 detik

9. Dominggo Sitorus (SMAN 2 Siborongborong) - 3 menit 4,94 detik

10. Rikki Siahaan (SMAN 2 Siborongborong) - 3 menit 4,99 detik

  RELATED ARTICLES