Persaingan North Sumatera Qualifiers 2022

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers bakal jadi salah satu event bersejarah bagi SMKN 1 Merdeka. Untuk pertama kalinya, mereka akan bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar yang diadakan di Stadion Unimed, Medan, Sumatra Utara pada 1-3 September mendatang. 

SMKN 1 Merdeka akan mendelegasikan satu tim estafet 4x100 meter putra dan satu delegasi di nomor individu 100 meter, yang akan diwakili oleh Rafil Fazri. Menurut guru PJOK dari SMKN 1 Merdeka, Abadi Suranta Ginting, anak didiknya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk berlaga. 

"Visi misi sekolah kami memang ingin mengembangkan bakat siswa. Kebetulan kemarin ada informasi dari Ibu wakasek. Yang di mana semua undangan yang sifatnya mendukung peserta didik dalam prestasi. Semua kita dukung 100 persen," ungkap Abadi. 

Skuad SMKN 1 Merdeka usai berlatih untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023

SMKN 1 Merdeka ingin membuktikan bahwa sekolah kejuruan juga bisa berprestasi. Baik di bidang akademik maupun non akademik. Salah satunya dalam cabang olahraga atletik. "Ditambah lagi SMKN 1 Merdeka ini merupakan SMK PK atau bisa disebut sebagai 'Pusat Keunggulan'. Jadi kita harus bisa menjadi contoh bagi sekolah kejuruan yang lain," lanjut Abadi. 

Baca Juga: Jauh dari Medan, 5 Sekolah Ini Tetap Semangat Ikuti Sumatera Qualifiers!

Menurut Abadi, meskipun ini menjadi kompetisi atletik pertama baginya. Anak didiknya optimis bisa memberikan yang terbaik. Bahkan, Abadi siap memecahkan rekor para jawara dari North Sumatera Qualifiers sebelumnya. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES