SMAN 1 Padangsidimpuan usai melakukan UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers tahun ini akan begitu megah. Berbeda dengan tahun lalu, SAC Indonesia 2023 dapat diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah Sumatra. Bukan hanya dari Sumatra Utara saja. Deretan sekolah dari seluruh wilayah Sumatra berlomba-lomba mengirimkan delegasi terbaik mereka untuk bersaing di Stadion Unimed, Medan.

Dari Aceh hingga Bandar Lampung, berikut sekolah-sekolah yang jauh dari Medan namun tetap antusias mengikuti Energen Champion SAC Indonesia: 

1. SMAN 1 Bandar Lampung

Semangat teman-teman dari SMAN 1 Bandar Lampung begitu luar biasa. Bagaimana tidak? SMAN 1 Bandar Lampung menjadi sekolah terjauh yang akan mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Tahun ini SMAN 1 Bandar Lampung mengirimkan empat perwakilan di nomor individu dan satu tim di nomor 4x100 meter. 

Jika melalui jalur darat, teman-teman dari SMAN 1 Bandar Lampung membutuhkan waktu selama kurang lebih dua hari untuk sampai ke Medan. Luar biasa ya?

2. MAN 3 Tapanuli Tengah

MAN 3 Tapanuli Tengah adalah sekolah berikutnya yang memiliki semangat luar biasa untuk mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Meskipun masih dalam provinsi Sumatra Utara, MAN 3 Tapanuli Tengah memiliki jarak sekitar 350 Kilometer dari Medan. Jika melalui jalur darat, membutuhkan waktu delapan jam. 

Dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, MAN 3 Tapanuli Tengah mengirimkan sembilan delegasi. Yang tersebar di berbagai nomor lomba. Mulai dari lompat jauh, 100 meter, hingga tolak peluru. Apakah MAN 3 Tapanuli Tengah akan berhasil meraih juara? Layak kita nantikan!

3. SMAN 1 Pematang Siantar

SMAN 1 Pematang Siantar merupakan sekolah ketiga yang masuk dalam daftar ini. Sekolah tersebut akan mengirimkan untuk nomor individu dan satu tim estafet. Meskipun posisinya jauh dari lokasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, SMAN 1 Pematang Siantar tetap semangat menemph ratusan kilometer agar bisa berlomba di Medan. 

4. Sekolah-sekolah dari Padangsidimpuan

Sekolah-sekolah dari Padangsidimpuan adalah peserta setia dari Energen Champion SAC Indonesia. Tahun lalu, sekolah-sekolah tersebut juga berhasil mendominasi kursi juara. Nah, tahun ini, rombongan sekolah dari Padangsidimpuan kembali ke panggung Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. 

Padangsidimpuan merupakan salah satu kota yang berada di Sumatra Utara. Namun, lokasinya cukup jauh dari Medan. Sekitar 400 kilometer. Jika ditempuh dari jalur darat, perlu membutuhkan waktu sekitar 9 jam untuk sampai ke sana. Namun, karena semangat yang besar, jarak bukan halangan bagi mereka untuk mengukir prestasi.

Sekolah-sekolah dari Padangsidimpuan yang dipastikan kembali berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers adalah MTSN 1 Padangsidimpuan, SMPN 2 Padangsidimpuan, SMKN 2 Padangsidimpuan, SMPN 2 Padangsidimpuan, MAN 2 Padangsidimpuan, SMAN 5 Padangsidimpuan hingga SMAN 2 Padangsidimpuan. 

5. Sekolah-sekolah dari Tanjung Balai

Sama seperti Padangsidimpuan, sekolah-sekolah dari Tanjung Balai juga siap berprestasi dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Di antaranya, SMAN 4 Tanjung Balai, SMK Karya Utama Tanjung Balai, SMAN Tanjung Balai hingga SMAN 1 Tanjung Balai. 

Tanjung Balai sendiri merupakan salah satu kota di Sumatra Utara. Namun, letaknya cukup jauh dari ibukota provinsi tersebut. Yakni 200 kilometer. Jika melalui jalan bebas hambatan, butuh waktu 3 jam untuk sampai ke sana. 

Namun, karena semangat yang besar untuk meraih prestasi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, mereka tetap melakoninya dengan senang hati.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES