Dina Aulia usai penganugerahaan medali perunggu di SEA Games Kamboja 2023

World Athletics Championships 2023 siap digelar. Kejuaraan atletik paling besar di dunia itu akan berlangsung di Budapest, Hungaria. Tepatnya pada 19 Agustus-27 Agustus 2023. Ribuan atlet dari seluruh dunia akan bersaing untuk mendapatkan podium terbaiknya. Tak terkecuali Dina Aulia. Pelari gawang 100 meter putri dari Indonesia. 

Dina akan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan bersaing dalam kompetisi atletik paling bergengsi di dunia tersebut. Atlet berusia 19 tahun itu bertolak ke Budapest pada hari ini, 19 Agustus 2023. Nantinya, Dina akan berlaga di National Athletic Centre, dan dijadwalkan main pada 22 Agustus 2023. 

Menurut Mustara Musa, Dina Aulia akan didampingi oleh satu atlet untuk berlomba pada ajang World Athletics Championships 2023. "Kami mempersiapkan nomor 100 meter lari gawang putri atas nama Dina Aulia. Jadi insyaallah ada satu atlet dan satu pelatih yang akan mendampingi di ajang itu," kata Manajer Pelatnas PB PASI Mustara Musa. 

Baca Juga: Museum of World Athletics (MOWA) Dibuka di Budapest

Sebelum bertolak menuju Budapest, Dina juga melakoni persiapan bersama dengan pemusatan latihan nasional (pelatnas) kontingen atletik, yang memang dipersiapkan untuk menghadapi Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok. Hingga saat ini, Asian Games 2022 dijadwalkan berlangsung pada September 2023. 

Dina Aulia merupakan salah satu atlet atletik andalan Indonesia di nomor lari gawang 100 meter. Ia merupakan pemegang rekor untuk U20. Ajang SEA Games Kamboja 2023 pada Mei lalu menjadi debut Dina Aulia. Ia meraih medali perunggu dengan nomor yang sama. Saat itu, ia mencatatkan waktu 15,59 detik. 

Baca Juga: Momen Unik dan Kejadian yang Tak Biasa di World Athletics Championships

Format kompetisi lari gawang 100 meter dalam World Athletics Championships akan dibagi menjadi tiga: babak penyisihan, semifinal dan final. Nantinya, para atlet akan berebut 24 posisi terbaik untuk berlaga di semifinal. Kemudian, delapan terbaik dari semifinal akan kembali bersaing dalam babak final yang terbagi dalam dua heat. 

Keikutsertaan Dina Aulia dalam ajang World Athletics Championships 2023 tentunya sangat membanggakan bagi Indonesia. Khususnya bagi mereka yang menggeluti cabang olahraga atletik. So, kita doakan Dina bersaing dengan maksimal tanpa kendala, yuk! (*)

  RELATED ARTICLES