Hungaria akan menjadi tuan rumah salah satu acara olahraga terpenting dalam sejarah. Yakni World Athletics Championship. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut Kejuaraan Atletik Dunia. Yang digelar mulai 19 hingga 27 Agustus. 

Hampir empat bulan sebelum acara dimulai, sebuah pameran sejarah bertemakan atletik dibuka di Etele Plaza di Budapest. Pameran tersebut menampilkan beberapa barang penting dari jajaran atlet atletik dunia. Hingga peninggalan kompetisi atletik bersejarah di masa lalu. 

Pameran atletik tersebut diberi nama MOWA. Singkatan dari Museum of World Athletics. MOWA adalah pameran atletik terbesar dan terkaya di dunia, menampilkan sejarah 40 tahun World Athletics melalui perjalanan interaktif. Nama ini sebenarnya diadaptasi dari museum atletik virtual 3D yang diluncurkan oleh World Athletics pada 2021 lalu. 

Sejak saat itu, MOWA menjadi museum olahraga pertama yang didirikan dalam dunia digital. Museum itu kemudian menjadi pameran nyata yang dibuka di Budapest pada 21 April 2023 lalu.

Upacara pembukaan dihadiri oleh CEO World Athletics Jon Ridgeon. Ia mengucapkan terima kasih kepada Hungaria karena telah menjadi tuan rumah dalam acara olahraga  tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Sejarah Atletik, Cabang Olahraga Paling Tua di Dunia

Anita Márton,  World Indoor Champion dan peraih medali perunggu Olimpiade di lontar martil, Krisztián Pars, juara lontar martil Olimpiade London 2012, peraih medali perunggu dunia dan perak Eropa Bence Halász dan peraih medali perunggu dalam lari gawang , Balázs Baji, juga tampil selama meluncurkan.

Balázs Németh, penyelenggara kejuaraan, mengatakan bahwa dengan pameran tersebut, acara olahraga terpenting tahun 2023, dan secara umum terbesar ketiga di dunia setelah Olimpiade Musim Panas dan Piala Dunia, telah dimulai di Budapest.

“Saya ingin mendengar pada upacara penutupan World Championship satu kalimat yang diimpikan oleh setiap panitia tetapi sangat sedikit yang pernah mendengar, yaitu bahwa ini adalah World Athletics Championship terbaik yang pernah ada,” kata Nemeth.

Tokoh paling berpengaruh dalam atletik Hungaria akan memperkaya pameran dengan barang-barang mereka sendiri. Barang-barang pribadi Anita Márton, sepatu spike Balázs Baji, sarung tangan dan medali lempar Krisztián Pars juga dapat dilihat di Etele Plaza di Budapest. (*)

  RELATED ARTICLES