Salah satu peserta Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 segera bergulir. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan di enam qualifiers. Yakni Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, East Java Qualifiers dan Central Java Qualifiers. 

Tahun ini akan menjadi kali kedua SAC Indonesia menjaring bakat-bakat atletik baru dari seluruh Indonesia. Pelajar yang baru mempelajari atletik dan belum pernah tergabung dalam lembaga pembinaan atlet boleh mendaftar. Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia memang kompetisi atletik yang khusus diperuntukkan bagi pelajar non atlet. 

Sesuai regulasi Energen Champion SAC Indonesia 2023, atlet PPLP, pemain yang sedang terdaftar atau pernah terdaftar di sekolah binaan olahraga, SKO, KKO, PPLOPD, PPLPD, PAB, PPOP, PPOPD, Sentra Olahraga, serta semua program pembinaan baik dibawah naungan Pengurus Provinsi maupun pemerintah atau sejenisnya dilarang untuk mendaftar. 

Selain yang telah disebutkan, pelajar yang pernah bermain dan juara dalam kompetisi di Indonesia seperti PON, dan POPNAS, maupun di luar negeri seperti ASEAN School Games juga dilarang untuk ikut mendaftar. 

Jadi, buat kamu yang baru menggeluti dunia atletik atau sedang mendalami olahraga lain namun ingin mengikuti cabor atletik, jangan takut untuk mendaftar Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, kamu memiliki kesempatan yang sama. Dan lawan yang setara.

Baca Juga: Day 1 Australia Tour: Kunjungi AGWA dan Latihan Bareng di Perth

Selama melakukan pendaftaran dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023, panitia akan memeriksa apakah calon peserta sedang atau pernah terdaftar dalam PPLP dan sejenisnya. Apabila peserta terbukti merupakan atlet pembinaan maupun bersekolah di lembaga binaan olahraga lainnya, maka panitia akan mendiskualifikasi atlet pada keikutsertaan SAC Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES