Para santriwati dari MA Darul Qur'an usai melakukan latihan untuk SAC Indonesia

Ponpes MA Darul Qur'an akan ikut serta dalam pesta atletik pelajar terbesar di Indonesia. Yakni Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Nantinya, Ponpes tersebut akan mengirimkan sekitar 34 delegasi yang akan bersaing dalam berbagai nomor lomba. Di antaranya, nomor lari jarak menengah, tolak peluru, estafet hingga lompat jauh. 

Sebenarnya, ada ratusan santri dan santriwati yang berminat ikut. Namun, pihak Ponpes menyeleksinya menjadi 34 peserta. Menurut Arsad, guru PJOK MA Darul Qur'an, jumlah peserta yang berlimpah tak lain karena adanya target besar tahun ini. Arsad berharap, anak didiknya bisa menyabet juara dan bersaing sampai ke tingkat National Championship. 

"Dan lagi, kami memang mengikutsertakan santri dan santriwati yang ada di tingkat akhir. Nantinya ini bisa menjadi bekal mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi," kata Arsad.

Para santri dan santriwati ponpes tersebut juga begitu antusias dalam mengikuti SAC Indonesia 2023. Terlebih lagi persaingan tahun ini akan lebih kompetitif. Jika tahun lalu SAC Indonesia mencakup Sumatra Utara, tahun ini SAC Indonesia akan mencakup Seluruh Pulau Sumatera. 

"Ini tentunya menjadi motivasi baru bagi kami agar membimbing santri dan santriwati lebih intens dalam mempersiapkan diri lagi," lanjut Arsad. 

Jajaran delegasi dari MA Ponpes Darul Qur'an rupanya sudah berpengalaman dalam kompetisi atletik. Ponpes tersebut telah beberapa kali mengikuti kompetisi pelajar hingga Pekan Olahraga dan Seni. "Santri dan Santriwati kami ini juga telah mendulang banyak prestasi di kompetisi lain," lanjut Arsad. 

Baca Juga: Bersaing di Sumatera Qualifiers, SMAN 2 Kisaran Masih Andalkan Lompat Jauh

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, MA Ponpes Darul Qur'an juga melakukan latihan bersama tiga kali dalam seminggu. Bahkan, mereka juga melakukan latihan secara mandiri setelah kegiatan belajar usai. "Anak-anak cukup serius dalam menghadapi kompetisi ini, semoga mendapatkan hasil terbaik," tandas Arsad.

Nantinya, pasukan MA Ponpes Darul Qur'an akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Stadion Unimed, Medan, tepatnya pada 1-3 September. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES