Sosok Muhammad Alif Ramadhan saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Sumatera Qualifiers untuk nomor lompat jauh

Nama SMAN 2 Kisaran mungkin masih membekas untuk para peserta Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Bagaimana tidak? Sekolah tersebut berhasil mendominasi nomor lompat jauh putra. Sebagai wakil SMAN 2 Kisaran, Muhammad Alif Ramadhan menempati posisi kedua, sementara Fredy Prayuda Sidik berada di posisi ketiga. 

Tahun ini, SMAN 2 Kisaran mengirimkan lebih banyak delegasinya. Yang tersebar di berbagai nomor lomba. Menurut Rizki Hidayat, guru PJOK dari SMAN 2 Kisaran, sekolahnya akan kembali mengandalkan nomor lompat jauh. Bahkan, Muhammad Alif Ramadhan masih akan bersaing di nomor itu. "Tapi di luar itu, sekolah kami juga menambah amunisi di nomor tolak peluru dan estafet putra," kata Rizki. 

Karena SAC Indonesia memang diperuntukkan bagi pelajar non atlet, SMAN 2 Kisaran dengan serius melatih para siswanya. Rizki mengungkapkan bahwa jajaran delegasinya memang baru mengenal atletik pada saat mereka bersekolah di SMAN 2 Kisaran. "Dan biasanya latihan di sekolah sendiri melalui ekstrakurikuler. Tidak ada yang berlatih di klub. Memang alami pada dasarnya," lanjutnya. 

Untuk mempersiapkan diri dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023, SMAN 2 Kisaran berlatih tiga kali dalam seminggu. "Mereka semangat sekali latihan. Apalagi, dengan adanya kompetisi SAC ini mereka semakin semangat. Mereka ingin menang menjadi juara agar bisa berangkat kenasional seperti teman yang sebelumnya," tutur Rizki. 

SMAN 2 Kisaran menargetkan podim juara. Apalagi, Rizky telah melakukan post-test. Yang hasilnya memuaskan. Jika prediksinya tepat, hasil itu dapat membuat waki-wakil SMAN 2 Kisaran kembali naik podium. "Yang jelas target sekarang lanjut ke tingkat nasional," tandas Rizki. 

Baca Juga: Rekap Hasil Hari Pertama North Sumatera Qualifiers Jenjang SMA

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 1-3 September 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di Stadion Unimed, Medan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES