Kikin Ruhuddin bersama dengan anak didiknya

SMPN 3 Cibinong akan kembali bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Sebanyak delapan siswa sekolah tersebut akan mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Mereka akan bersaing dalam berbagai nomor lomba. Mulai dari lompat jauh putri hingga lari jarak pendek 80 meter putra. 

Menurut guru PJOK SMPN 3 Cibinong, Kikin Ruhuddin, para pelajar di sekolahnya ingin menguji coba latihan yang selama ini mereka lakukan dalam Energen Champion SAC Indonesia. Termasuk hasilnya. "Kami ingin melihat apakah ada peningkatan dalam latihan. Ini juga menambah pengalaman bagi anak-anak. Khususnya dalam cabang olahraga atletik," kata Kikin. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, SMPN 3 Cibinong berhasil mendominasi podium lompat jauh putri. Tahun ini, sekolah tersebut berharap bisa kembali meraih juara di nomor yang sama. "Kalau ada tingkat lanjutan untuk jenjang SMP ke National Championship akan lebih bagus lagi nih. Karena anak-anak pasti lebih termotivasi. Sekarang saja, mereka sudah latihan rutin setiap hari," ungkap Kikin. 

Sebagai pelatih atletik di Cibinong dan sempat melatih Timnas Atletik Indonesia, Kikin melihat bahwa persaingan Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan lebih kompetitif dibandingkan tahun sebelumnya. "Cirebon dan Kuningan itu bagus-bagus. Saya yakin tahun ini ada peningkatan. Sekolah-sekolah tentunya juga lebih mempersiapkan," lanjutnya. 

Tak lupa, Kikin juga mengapresiasi gelaran Energen Champion SAC Indonesia. Menurutnya, kompetisi ini dapat menjaring banyak pelajar bertalenta. Khususnya dalam cabang olahraga atletik. "Kompetisi seperti ini juga dapat Melihat potensi anak-anak Indonesia, sebagai modal untuk perkembangan atletik di Indonesia ke depannya," tutur Kikin. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan, Cek Periode Pendaftaran SAC Indonesia 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES