Sigit Sandilatama saat menerima UPP usai melakoni babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Sigit Sandilatama berhasil mencuri perhatian. Siswa SMAN 3 Cibinong tersebut menyabet gelar 2nd Place dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Khususnya untuk nomor 1.000 meter putra. Dengan begini, Sigit selanjutnya akan melaju ke babak Energen Champion SAC National Championship. 

Ini merupakan kali kedua bagi Sigit bersaing di Energen Champion SAC Indonesia. Musim lalu Sigit juga membela SMAN 3 Cibinong. Hanya saja di nomor yang berbeda. Ia turun untuk nomor 100 meter putra. "Sebenernya memang sprint. Tapi karena saya memang punya bakat di lari menengah dan pasca cedera lutut, maka dari itu saya turun di 1.000 meter," kata Sigit. 

Dalam babak final 1.000 meter putra, Sigit bersaing ketat dengan dua juara lainnya. Yakni Arfi Al Mughni (MA Islahul Amanah) dan Rama Saputra (SMAN 7 Cirebon). Ketiganya berebut posisi terdepan sejak pistol start dibunyikan. Sementara Sigit telah memimpin pada putaran pertama. Namun ia berhasil tersalip Arfi Al Mughni. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Untuk menghadapi National Championship, Sigit telah mempersiapkan jadwal maupun program latihan. Di antaranya, interval, long run, penguatan, jog stride dan masih banyak lainnya. Itu dilakukan karena Sigit meyakini bahwa lawan dari regional qualifiers lain tentu banyak yang unggul. 

"Target saya ingin juara, lalu PB di National Championship nanti. Tapi karena semua lawan pasti bagus, saya akan terus berusaha semaksimal mungkin hingga bisa jadi yang terbaik," kata Sigit. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES