Olahraga atletik adalah salah satu cara untuk tetap aktif dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Olahraga ini mencakup berbagai macam aktivitas, seperti berlari, melompat, dan melempar, yang dapat memberikan berbagai manfaat fisik dan mental.

Beberapa manfaat kesehatan utama dari atletik meliputi:

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular: Berlari dan bentuk latihan aerobik lainnya dapat membantu memperkuat jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular secara keseluruhan.

2. Peningkatan kekuatan dan daya tahan otot: Acara atletik membutuhkan banyak kekuatan dan daya tahan tubuh bagian atas dan bawah, yang dapat membantu membangun otot dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Baca Juga: Mengenal Atletik: Pengertian, Sejarah dan Jenis Nomor

3. Penurunan berat badan dan peningkatan komposisi tubuh: Acara lari dan lapangan adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, sekaligus membantu mengencangkan dan memahat otot.

4. Kesehatan mental yang lebih baik: Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

5. Peningkatan fleksibilitas dan keseimbangan: Banyak acara lintasan dan lapangan, seperti lompat dan lempar, membutuhkan keseimbangan dan fleksibilitas yang baik, yang dapat membantu meningkatkan fungsi fisik secara keseluruhan dan mengurangi risiko cedera.

6. Selain manfaat ini, acara lari dan lapangan juga sangat menyenangkan dan memberikan rasa pencapaian dan kebersamaan.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Recovery Aktif dan Pasif dalam Olahraga

Bagi kamu yang baru terjun dalam olahraga atletik, kamu bisa mengikuti kompetisi SAC Indonesia yang ramah bagi pemula. SAC Indonesia juga khusus diperuntukkan bagi pelajar non atlet. Atlet profesional dilarang kompetisi ini. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES