Firli Sahputra (kiri) bersama dengan pelatihnya, Dumpang Parluhutan Siregar

Registrasi SAC Indonesia untuk Sumatera Qualifiers telah dibuka. Dimulainya pendaftaran dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu telah mencuri perhatian pegiat atletik di seluruh penjuru negeri. Salah satunya adalah pelatih SMKN 2 Medan, Dumpang Parluhutan Siregar. Yang mengaku sudah siap comeback dalam SAC Indonesia tahun ini. 

Musim lalu, Dumpang sukses membawa bebrapa anak didiknya mendominasi juara di North Sumatera Qualifiers. Firli Sahputra dari SMKN 2 Medan misalnya, berhasil meraih podium pertama untuk lompat jauh putra. Ada juga Floren Kristin Sinulingga dari SMKN 2 Medan. Yang menjadi juara pertama di nomor tolak peluru dengan catatan 7,75 meter. 

Dengan deretan prestasi yang dicapai oleh anak didiknya, Dumpang akan kembali mengantarkan siswa SMKN 2 Medan bersaing dalam SAC Indonesia tahun ini. Ia berupaya membawa sebanyak 100 siswa dari sekolah tersebut. Khususnya yang sedang menempuh pendidikan di bangku kelas X. 

“Kita memang sedang persiapan, target ada 100 orang peserta yang dibawa nanti. Dari 100 orang itu ada 30 orang yang sudah berlatih dengan sungguh-sungguh. Karena kita memang berniat meramaikan penyelenggaraan SAC Indonesia Sumatera Qualifiers tahun ini,” ungkap Dumpang, saat dihubungi melalui telepon. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Menurut Dumpang, penyelenggaraan SAC Indonesia tahun ini akan lebih kompetitif dari musim sebelumnya. Apalagi ada kabupaten/kota yang unggul dalam beberapa nomor lomba tertentu. Misalnya dari Padangsidimpuan. 

 “Saya rasa memang tahun ini agak ketat. Waktu semalam seleksi Kejurnas, ada beberapa wakil Padangsidimpuan bertanya ‘kalau sudah sampai di National Championship apa masih bisa ikut’. Ternyata masih bisa daftar. Tentunya, mereka punya pengalaman, beberapa wakil tahun lalu usianya masih bisa ikut,” kata Dumpang. 

Untuk nomor lompat jauh, Dumpang sudah punya jagoan baru yang menggantikan FIrli Sahputra. Pasalnya tahun ini Firli tak bisa kembali berpartisipasi dalam SAC Indonesia kali ini. “Saya punya beberapa nama yang akan berkompetisi kali ini. Karena yang posisi kedua lompat jauh putra kembali bersaing tahun ini. Cuma Firli nggak bisa ikut lagi,” tuturnya. 

Baca Juga: Firli Sahputra Berharap Juara Lompat Jauh SAC Indonesia 2023 Dipegang Sumut

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran untuk SAC Indonesia telah dibuka di dua regional qualifiers. Yakni Sumatera dan West Java. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

 

  RELATED ARTICLES