Para peserta Energen Champion SAC National Championship berlomba di Stadion Madya, GBK, pada 13 Januari 2023

MUSIM baru Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 siap digelar. Setelah sukses di musim perdana pada 2022 lalu, SAC Indonesia kini siap menjaring lebih banyak pelajar bertalenta di Indonesia. Registrasi SAC Indonesia saat ini telah dibuka untuk Sumatera Qualifiers (Medan) dan West Java Qualifiers (Bandung) pada Rabu, 24 Mei 2023.  

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PAS), Tigor M. Tanjung, begitu antusias dengan dibukanya registrasi musim baru SAC Indonesia. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini diharapkan bisa lebih banyak menjaring banyak bakat baru dalam olahraga atletik. Yang tentunya dapat menjadi regenerasi atlet atletik Indonesia selanjutnya. 

“Kita ingin SAC Indonesia kembali menjadi magnet bagi pelajar agar terlibat dalam atletik. Kalau dikaitkan dengan visi World Athletics tentang growth, SAC Indonesia telah memenuhi visi itu sendiri,” kata Tigor. 

“Di World Athletics itu ada empat visi untuk growth, mulai dari partnership, participation, fans dan people. Mungkin kedepannya bisa mengembangkan lebih ke sisi people-nya. Artinya, orang-orang yang terlibat dalam kompetisi atletik sendiri, misalnya wasit dan pelatih kedepannya bisa diadakan penataran,” lanjutnya. 

Dengan 31 ribu lebih pelajar yang telah berpartisipasi dalam SAC Indonesia musim lalu, Tigor berharap mereka tetap menggeluti dunia atletik dan kembali berpartisipasi dalam SAC Indonesia musim baru ini. 

“Kita ingin mereka tetap stay di atletik. Saya selalu optimis, saya melihat SAC Indonesia memang memiliki visi, misi dan niat baik demi kemaslahatan atletik Indonesia agar atletik menjadi olahraga terus berkembang. Sehingga saya berharap sekolah kembali berpartisipasi lagi tahun ini,” tambah Tigor. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sebentar Lagi Dibuka, Siapkan 9 Berkas Ini!

Sebagai hasil kerjasama DBL Indonesia dan PB PASI, Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda berharap SAC Indonesia bisa menjadi jembatan para pelajar Indonesia untuk terus berprestasi di dunia olahraga. Khususnya dalam cabang olahraga atletik. 

Opportunity dan potensinya Indonesia ini luar biasa. Untuk kedepannya, untuk Olimpiade, bukan hanya untuk Asian Games, bukan hanya untuk SEA Games, tapi atletik ini harapannya menjadi olahraga terbesar, karena semua orang bisa melakukannya. Di musim kedua harapannya bisa “menggulung”, karena di musim pertama kemarin kita ibaratnya di lereng,” kata Azrul. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. 

Guideline Pendaftaran

1. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran online melalui website www.sacindonesia.com dan klik menu Registration Here!

2. Calon peserta WAJIB mengisi informasi yang dibutuhkan di kolom pengisian Formulir Online yang tertera di website.

3. Pastikan berkas yang diunggah terbaca / terlihat dengan jelas dan sesuai dengan persyaratan (dianjurkan di scan).

4. Setelah pengisian data dan berkas selesai dilakukan, maka calon peserta akan mendapatkan email pemberitahuan. 

5. Tahapan verifikasi data akan dilakukan setelah periode pendaftaran ditutup.

6. Tim sekretariat SAC Indonesia akan menghubungi calon peserta atau ofisial apabila terdapat data ataupun berkas yang tidak valid.

Cara Pendaftaran

1. Masuk ke web www.sacindonesia.com

2. Scroll  hingga menemukan opsi "Cara Registrasi Tim".

3. Download "Template Surat" dan "Syarat Pendaftaran".

4. Setelah itu peserta dapat melakukan registrasi ke Menu Register dengan klik "Registration Here".

5. Pilih "Kategori," "Regional Qualifiers," "Tingkat Pendidikan," "Sekolah" dan "Kompetisi".

6. Lengkapi data diri yang ada di form

7. Upload "Pas Foto" dan "Surat Pernyataan Kepala Sekolah"

8. Isi data diri Ofisial

9. Kemudian, upload "Foto ofisial" dan "Surat Tugas ofisial"

10. Lalu, Upload Berkas lainnya

Setelah itu, periksa lagi form registrasi yang sudah diisi dan pastikan dengan benar. Jika sudah, klik kolom terakhir yang berisikan pernyataan bahwa kalian telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan klik "Submit." (*)

Informasi lebih lanjut hubungi:

CP Sumatera Qualifiers (Medan): +62 813 3380 4505
CP West Java Qualifiers (Bandung): +62 813 3329 7465 

  RELATED ARTICLES