Yad Hafizudin saat berlaga di Athletics West Track and Field State Championship

World Athletics Day atau Hari Atletik Sedunia dirayakan setiap tanggal 7 Mei. Hari penting bagi pegiat olahraga atletik di seluruh dunia ini pertama kali dicetuskan oleh International Amateur Athletic Federation (sekarang berganti nama menjadi World Athletics). Diperingati setiap tahun, Hari Atletik Sedunia diharapkan menjadi pengingat agar semua orang di dunia selalu menjaga kesehatannya dan melakukan latihan kebugaran, terutama atletik.

Biasanya, untuk memperingati Hari Atletik Sedunia, World Athletics Day menyelenggarakan beberapa kompetisi dan turnamen yang melibatkan masyarakat dalam olahraga. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa informasi yang perlu diketahui tentang Hari Athletics Sedunia.

Sejarah Hari Atletik Sedunia 

IAAF menetapkan Hari Atletik Sedunia pada tahun 1996 untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya olahraga secara fisiologis dan psikologis. Setiap tahun pada tanggal 7 Mei, IAAF menyelenggarakan berbagai acara untuk memotivasi masyarakat agar berolahraga untuk menjaga kesehatannya.

Hari Atletik Sedunia menyebarkan pesan bahwa orang-orang dari segala usia harus terlibat dalam aktivitas kebugaran untuk menjaga kesehatan mereka. Hari ini juga bertujuan untuk menyoroti prestasi besar dalam olahraga. 

Baca Juga: Kenalan Yuk dengan Induk Organisasi Atletik Internasional, World Athletics

Tujuan Hari Atletik Sedunia

Tujuan Hari Atletik Sedunia adalah untuk mendorong orang untuk berolahraga dan berpartisipasi dalam berbagai olahraga dan kegiatan atletik. Berikut adalah beberapa tujuan penting lainnya:

1. Hari Atletik Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang kegiatan olahraga dan manfaat kesehatan yang terkait dengannya.

2. Hari Atletik Sedunia mengirimkan pesan untuk memprioritaskan kesehatan Anda untuk menjalani hidup yang sehat dan bebas penyakit.

3. Hari Atletik Sedunia ingin membantu masyarakat memprioritaskan kebugaran fisik dan mempopulerkan olahraga di kalangan anak muda dunia.

Hari Atletik Sedunia juga dirayakan untuk menyebarkan kesadaran tentang manfaat yang tak terhitung jumlahnya dari terlibat dalam olahraga. Atlet adalah orang yang melatih diri dalam olahraga atau permainan. Mereka dikenal karena kekuatan, stamina, dan kelincahannya. Atlet bersaing dalam acara olahraga untuk membuktikan diri. Sehingga, Hari Atletik Sedunia juga ditetapkan untuk menghormati semua atlet di dunia.

Bagaimana Hari Atletik Sedunia Dirayakan?

Beberapa acara olahraga diselenggarakan pada Hari Atletik Sedunia, termasuk lari, jalan kaki, kriket, lintasan dan lapangan, jalan cepat dan masih banyak lagi. Hari Atletik adalah kesempatan besar bagi orang-orang untuk menemukan hasrat mereka terhadap olahraga dan mengembangkannya lebih jauh. (*)

  RELATED ARTICLES