Photo by SAC Indonesia

Ada berbagai istilah dalam olahraga atletik. Beberapa dari istilah tersebut mungkin sudah sering kalian dengan. Terutama yang berkaitan dengan nomor lomba. Namun, bagi kalian yang mungkin baru terjun ke dunia atletik, berikut ada beberapa istilah khusus yang harus kalian pahami.

1. Anchor

Anchor adalah sebutan untuk leg terakhir dari lari estafet atau pelari terakhir dalam lari estafet. Biasanya, anchor di dalam estafet diberikan kepada pelari tercepat atau paling berpengalaman dalam sebuah tim. Atlet yang menyelesaikan leg terakhir di estafet bertanggung jawab untuk mengimbangi lomba atau mempertahankan keunggulan yang telah diamankan oleh rekan satu timnya.

2. Baton

Baton adalah tabung berongga yang dibawa oleh pelari dalam lomba lari estafet. Baton biasanya terbuat dari besi tipis, kayu dan campuran plastik. Sebelum adanya baton, lari estafet menggunakan objek bendera untuk dipindahtangankan dari satu pelari ke pelari yang lainnya. 

Baca Juga: 13 Fakta Menarik Tentang Olahraga Atletik

3. Bell Lap

Bell lap adalah putaran terakhir dari perlombaan lari yang memiliki beberapa jeni lap. Sesuai dengan namanya, lonceng dibunyikan untuk mengingatkan pelari pada lap terakhir. Dalam Energen Champion SAC Indonesia, Bell lap digunakan dalam olahraga lari jarak menengah 1.000 meter dan 800 meter.

4. Photo Finish

Photo finish adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menentukan pemenang dalam perlombaan dengan konsep balapan. Salah satunya digunakan untuk nomor lintasan dalam cabang olahraga atletik. Ketika banyak pesaing melewati garis finis pada waktu yang hampir bersamaan, mata telanjang mungkin tidak dapat menentukan peserta mana yang melewati garis terlebih dahulu. Sehingga photo finish dapat membantu memilih pemenangnya. 

5. Break Line

Break line adalah sebuah titik atau area di lintasan tempat pelari dapat keluar jalur yang telah ditentukan dan pindah ke jalur mana pun dalam lintasan. Garis break line memiliki lebar 0,05 meter. Garis ini juga menunjukkan kapan atlet dapat keluar dari jalurnya untuk nomor tertentu. 

6. Changeover

Changeover adalah istilah yang digunakan untuk pertukaran tongkat estafet dari satu pelari ke pelari berikutnya dalam lari estafet. Aktivitas changeover merupakan salah satu aspek penting dalam lari estafet. 

7. Exchange Zone

Exchange Zone adalah area di mana atlet lari estafet dapat memberikan tongkat dari satu pelari ke pelari lainnya. Sehingga, seorang pelari estafet tidak bisa untuk memberikan atau memindahkan tongkat secara sembarangan. Zona exchange zone memiliki panjang 20 meter. Jika tongkat estafet tidak dipindah di dalam zona ini, maka tim estafet didiskualifikasi.

8. False Start

False start adalah keadaan di mana pelari atau atlet meninggalkan start block lebih awal. Pasalnya, kecepatan pelari meninggalkan start block dapat diukur dengan sistem. Sehingga, meninggalkan start lebih dulu akan ketahuan. 

9. Heat

Heat adalah perlombaan yang dihitung dalam satu putaran dari dua balapan atau lebih. Istilah heat biasanya digunakan dalam babak penyisihan dan berguna untuk menempatkan pelari dalam giliran lomba dengan lebih mudah. 

10. Lap

Lap adalah istilah satu putaran penuh dalam lintasan. Sebagai kata kerja, istilah lap digunakan ketika ada kondisi di mana pelari menyalip pelari yang tertinggal satu putaran atau lebih.

11. Scratch Line

Istilah scratch line digunakan untuk garis yang menunjukkan titik pusat zona pertukaran lomba lari estafet.

12. Spikes

Spikes adalah istilah sepatu, dilengkapi dengan paku, yang dikenakan oleh pelari. Sepatu spikes yang digunakan pelari biasanya dibatasi hingga 11 paku.

13. Start Block

Start Block adalah balok yang  dapat  menahan kaki di awal lomba. Alat ini pertama kali digunakan dalam kompetisi Olimpiade di Olimpiade London 1948. Start block juga berfungsi sebagai alat agar pelarti tidak mudah tergelincir atau jatuh saat memulai start. Alat ini biasanya digunakan dalam lari jarak pendek(*)

  RELATED ARTICLES