Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang mendebarkan dan kompetitif. Olahraga ini mencakup berbagai nomor lomba, mulai dari sprint, lompat, lempar hingga lari jarak jauh. Selain terdiri dari banyak nomor, atletik diselumuti berbagai fakta menarik. 

Dari sejarah dan asal usul atletik hingga pencapaian luar biasa para atlet, ada banyak fakta unik di dunia sprinter, jumper, dan pelempar tersebut. Berikut adalah 13 fakta menarik dalam cabang olahraga atletik. 

Baca Juga: Mengenal Atletik: Pengertian, Sejarah dan Jenis Nomor

1. Atletik Merupakan Salah Satu Olahraga Tertua di Dunia

Asal usul atletik dapat ditelusuri kembali ke peradaban kuno seperti Yunani, Mesir, dan Tiongkok. Tiga negara tersebut tempat diadakannya kompetisi lari, lompat, dan lempar

2. Atletik Menjadi Olahraga yang Dimainkan Olimpiade

Atletik telah menjadi bagian dari kompetisi Olimpiade sejak kebangkitannya kembali pada tahun 2016. Atletik bahkan dianggap sebagai pusat Olimpiade.

3. Pemegang Rekor Dunia Lari Cepat 100 Meter dan 200 Meter adalah Usain Bol

Pelari cepat Jamaika, Usain Bolt, secara luas dianggap sebagai salah satu atlet terhebat sepanjang masa. Dia memecahkan rekor dunia untuk lari cepat 100 meter dan 200 meter pada tahun 2009.

Baca Juga: Mengenal 13 Istilah dalam Olahraga Atletik

4. Lompat Galah adalah Nomor yang Paling Menantang dan Menegangkan di Atletik

Dalam lompat galah, atlet menggunakan galah untuk melewati mistar dan mencapai ketinggian maksimal. Nomor tersebut memang membutuhkan kombinasi kekuatan, kecepatan, dan teknik.

5. Nama Maraton Diambil dari Nama Kota Yunani Bernama Marathon

Nama perlombaan maraton diambil dari kota Marathon di Yunani, tempat utusan legendaris Pheidippides berlari untuk mengumumkan kemenangan Yunani atas Persia.

Baca Juga: Mengenal 13 Istilah dalam Olahraga Atletik

6. Atletik Mencakup Acara di Dalam dan Luar Ruangan

Atletik dapat diadakan di berbagai lingkungan, termasuk lintasan dan dalam ruangan, stadion luar ruangan, dan bahkan di jalan-jalan kota untuk acara seperti maraton.

7. Teknik Lompat Tinggi Telah Berkembang Selama Bertahun-Tahun

Awalnya para atlet menggunakan teknik yang disebut Scissors Jump, namun kini teknik yang paling umum digunakan adalah Fosbury Flop yang dipopulerkan oleh pelompat tinggi asal Amerika Dick Fosbury.

8. Lempar Lembing Merupakan Nomor yang Diperkirakan Berasal dari Teknik Berburu

Lempar lembing, yang melibatkan pelemparan benda mirip tombak, diyakini berasal dari teknik berburu yang digunakan untuk berburu hewan.

9. Flo-Jo Merupakan Pemegang Rekor Dunia untuk Lari Cepat 100 Meter Putri

Florence Griffith-Joyner, juga dikenal sebagai Flo-Jo, memecahkan rekor dunia lari cepat 100 meter putri pada tahun rekornya masih bertahan hingga saat ini.

10. Tolak Peluru Memerlukan Kekuatan dan Tenaga yang Sangat Besar

Dalam tolak peluru, atlet melempar bola logam berat sejauh mungkin. Dibutuhkan kekuatan dan daya ledak yang besar untuk mencapai jarak yang cukup jauh.

11. Atlet Dapat Didiskualifikasi karena Kesalahan Start dalam Nomor Lari Cepat

Dalam lomba lari cepat, atlet harus memulai lomba tanpa ada gerakan yang salah atau start prematur. Jika seorang atlet melakukan start yang salah, ia dapat didiskualifikasi dari kompetisi.

12. Nomor Lari Jarak Jauh Meliputi Nomor 5.000 Meter dan 10.000 Meter

Atletik mencakup berbagai perlombaan lari jarak jauh, antara lain lari 5.000 meter dan 10.000 meter. Peristiwa ini menguji daya tahan dan stamina seorang atlet.

13. Pentathlon dan Heptathlon Adalah Kompetisi Multi-event

Pentathlon terdiri dari sepuluh nomor untuk atlet putra, sedangkan heptatlon terdiri dari tujuh nomor untuk atlet putri. Kompetisi ini menguji kemampuan atlet di berbagai disiplin ilmu. (*)

  RELATED ARTICLES