Poster SPRINTER di Netflix

Netflix bakal merilis serial dokumenter baru bertemakan olahraga. Pada Juli 2024, Netflix akan merilis SPRINT. Salah satu serial paling dinantikan tahun ini. 

SPRINT akan mengisahkan perjalanan seorang sprinter melalui suka dan duka kehidupan atlet saat bertarung memperebutkan medali emas di World Athletics Championships, yang digelar di Budapest pada 2022 lalu. 

SPRINT menyoroti persaingan antara Noah Lyles, juara dunia 100m 2022 Fred Kerley dan juara Olimpiade Marcell Jacobs menjelang World Athletics Championships tahun lalu. 

Serial ini tidak hanya menampilkan kepribadian para atlet, tetapi juga menggali kehidupan mereka di luar kompetisi. Seperti keluarga, latihan, hingga persahabatan. 

Tayangan ini nantinya juga akan menceritakan bagaiamana Noah Lyles, salah satu dari beberapa atlet yang tampil dalam enam episode SPRINT, mengatasi masalah kesehatan yang serius di masa remajanya demi bisa menjadi salah satu sprinter terbaik dunia saat ini.

Baca Juga: Mengenal Noah Lyles, Sprinter Muda AS dengan Sederet Gelar Juara Dunia

Pertumbuhan dan evolusi juara dunia 100m Sha'Carri Richardson juga memiliki alur cerita penting lain di serial ini. 

“Menjadi bagian dari 'Sprint' adalah pengalaman yang luar biasa,” kata Noah Lyles, juara dunia 100m, 200m, dan 4x100m. “Saat saya membayangkan hari di mana sebuah serial dokumenter akan dibuat, saya tidak selalu membayangkan saya menjadi orang pertama yang membahasnya.”

Saat diwawancarai, Noah Lyles mengatakan bahwa serial ini hadir pada saat yang tepat karena para atlet sedang menjalani pengaruh digital yang berkembang pesat.

“Kita adalah bintang rock di 1 persen teratas dan kita hidup di era teknologi dan media sosial,” katanya. “Ini adalah bagian dari hidup kami dan kami memerlukan contoh bagaimana olahraga ini dapat berjalan seiring dengan hal tersebut.”

Produser eksekutif dari SPRINT, Paul Martin, juga mengungkapkan antusiasme dan kebanggaannya terhadap proyek tersebut. “Rasanya seperti sebuah hadiah,” katanya. 

“Kami sangat bersyukur bisa terjun ke dunia ini. Rasanya kami benar-benar ingin melakukan yang terbaik untuk membuat versi terbaik yang kami bisa. Ada sesuatu tentang olahraga ini dan apa yang dilakukan para atlet ini. World Athletics membuka pintu bagi kami, untuk apa pun yang kami perlukan untuk menyelesaikan seri ini.”

Baca Juga: 5 Sprinter Tercepat dalam Sejarah Dunia

Ato Boldon, peraih medali perak 200m Olimpiade pada 1996, memuji produser serial tersebut, dan memperkirakan bahwa serial tersebut akan membantu mengembangkan olahraga tertua di dunia.

“Kami tahu kami memiliki beberapa atlet terbaik di dunia, namun kami juga tahu bahwa kami memiliki beberapa kepribadian terbaik di dunia, dan itu ditampilkan dalam karya ini,” katanya.

“Saya melihat ini dan mengatakan bahwa ini akan membuka jangkauan penggemar, ini akan meningkatkan jumlah penonton dan melibatkan penggemar yang bahkan kami tidak menyangka bisa mendapatkannya.”

Awal bulan ini, trailer serial SPRINT tersebut juga ditayangkan di layar raksasa di Times Square New York menjelang pra-pemutaran eksklusif di Gedung Nasdaq di New York, di mana tokoh-tokoh penting olahraga tersebut, disuguhi episode satu dan lima. 

Seri lengkapnya akan hadir di platform streaming Netlfix dan diputar di seluruh dunia pada 2 Juli. (*)

  RELATED ARTICLES