Yad Hapizudin saat melakukan UPP dalam 13th ASEAN School Games 2024

Sebanyak dua alumni Energen Champion SAC Indonesia 2022 berhasil meraih podium di 13th ASEAN School Games 2024. Yang diselenggarakan pada 1-9 Juni 2024 di Da Nang, Vietnam. 

Dua alumni SAC Indonesia yang naik podium di kompetisi atletik pelajar paling bergengsi se-Asia Tenggara tersebut, di antaranya, adalah Yad Hapizudin dari MA Al Ijtihad Danger, Lombok, NTB, yang meraih emas untuk nomor 1.500m dengan waktu catatan 4 menit 5,85 detik. 

Meskipun ini menjadi ASEAN School Games pertamanya, Yad berhasil mempertajam record-nya dalam SEA Youth Athletics Championships 2023, yang digelar di Thailand, pada Desember 2023. Saat itu, Yad meraih posisi pertama untuk 1.500m putra dengan waktu 4 menit 07,05 detik. 

"Alhamdulillah ini berkat doa ibu dan bapak, tanpa doa ibu bapak aku nggak bisa sampai di sini dan terima kasih doanya juga dari teman-teman dan pelatih aku bisa sabar melatih aku dan terharu banget nggak bisa ngomong apa-apa lagi," kata Yad. 

Dalam ASEAN School Games 2024, Yad berhasil mengalahkan dua pelari muda fenomenal asal Vietnam, yakni Luong Binh Duong dan Nguyen Hoang Thinh. Ia juga berhasil unggul dari wakil-wakil asal Malaysia, Filipina, Singapore, Laos, hingga Kamboja. 

Yad Hapizudin saat menuntaskan perlombaan ASEAN Games

Baca Juga: Tiga Alumni SAC Indonesia Raih Podium di SEA Youth Athletics Championships 2023

ASEAN School Games 2024 dan SEA Youth Athletics Championships 2023 merupakan dua kompetisi internasional yang diikuti oleh Yad tak lama usai meraih juara di SAC Indonesia 2022 National Championship.

Di SAC Indonesia 2022 National Championship, nama Yad Hapizudin masih memegang rekor untuk 1.000m putra, dengan catatan waktu 2 menit 36,53 detik. Rekor tersebut juga belum terpatahkan dalam penyelenggaraan SAC Indonesia dua musim terakhir. 

Abdillah Panca Wiradhika

Selain Yad, Abdilah Panca Wiradhika dari SMAN 1 Jakarta juga menyumbangkan medali perunggu untuk nomor lompat jangkit putra dalam 13th ASEAN School Games 2024 dengan catatan 14,72m. 

Wira -panggilan untuk Abdilah Panca Wiradhika- berada di urutan ketiga dalam kompetisi lompat jangkit, di belakang Wachilavit Chaleeniwat dari Thailand dan Mark Paladius dari Malaysia. Yang masing-masing meraih perolehan 15,07m dan 14,76m. 

"Alhamdulilah yaAllah, masih diberi rezeki di ASEAN School Games yang ke-13 di Da Nang Vietnam, terima kasih Ummi dan Abih, kakak-kakak dan abang-abang atas doanya dan support-nya, terima kasih juga coach yang udah sabar ngelatih Wira, walaupun belum sesuai ekspektasi, terima kasih juga kepada teman-teman semuanya atas doa dan support-nya," terang Wira.

Baca Juga: Dapat Ilmu Baru Saat Latihan di Shanghai University of Sports

Sama seperti Yad Hapizudin, usai mengikuti SAC Indonesia 2022 National Championship, Wira juga aktif berlaga di kompetisi atletik internasional. Dalam gelaran SEA Youth Athletics Championships 2023, Wira juga sukses mengamankan podium ketiga dengan jarak lompatan 14,44m. 

Wira merupakan juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers di nomor lompat jauh putra. Kemudian, ia melenggang ke babak National Championship. Wira menjadi salah satu juara SAC Indonesia yang begitu mentereng. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES