Aksi Daffa Arya Adi Riyantama di lompat jauh putra National Championship

Daffa Arya Adi Riyantama merupakan salah satu debutan yang begitu diperhitungkan di SAC Indonesia 2023. Siswa SMAN 2 Pati itu berhasil menjuarai nomor lompat jauh putra Central Java Qualifiers 2023. Daffa sukses meraih gelar tersebut dengan catatan lompatan sejauh 6,09m. 

Dengan perolehannya tersebut, Daffa melaju ke babak National Championship. Yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah pada Januari lalu. Namun, ia belum berhasil membawa pulang emas. 

Masih duduk di bangku kelas 10, Daffa mengatakan akan kembali bersaing di SAC Indonesia musim berikutnya. Ia tentunya akan mewakili SMAN 2 Pati untuk bersaing di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Lantaran alasan tersebut, Daffa menjaga kondisinya agar tetap optimal. Termasuk saat latihan di bulan Ramadan. 

Meskipun sedang menjalani ibadah Ramadan, Daffa menyebut bahwa intensitas latihannya masih lima kali dalam seminggu. Agar penampilannya di SAC musim berikutnya lebih baik. "Tapi latihannya dipercepat sih, biasanya sampai malam, kalau puasa biasanya mau Maghrib gitu selesai," ungkap Daffa. 

Sebagai student athlete, Daffa termasuk salah satu calon peserta yang begitu menanti SAC Indonesia. Apalagi, ia sudah dua kali berkompetisi di sana. Bahkan dua kali meraih podium pertama. Jika ingin kembali meraih tiket National Championship, Daffa tak akan absen latihan.

"Selain puasa Ramadan, tantangan besar lainnya itu hampir setiap sore terjadi hujan dan cuca tak menentu. Nah, terus kondisi tubuh juga menjadi lemas karena kurang cairan," lanjut Daffa. 

Baca Juga: Daffa Arya dari SMAN 2 Pati Naik Kelas di SAC Indonesia 2023

Ada beberapa cara yang biasa Daffa lakukan agar tetap kuat menjalani latihan saat puasa. Salah satunya adalah melakukan istirahat yang cukup agar tubuh tidak mudah lelah. 

"Kemudian setiap berbuka selalu mengonsumsi buah kurma supanya bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi dan saat sahur minum air yang sekiranya cukup supanya pada saat berpuasa nggak dehidrasi," katanya. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES