Skuad SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang usai pecah rekor di SAC Indonesia 2023

Juara National Championship 2023 di relay 4x100m putra, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, disebut sebagai salah satu tim paling mentereng dalam penyelenggaraan SAC Indonesia. Tim tersebut pecah rekor selama tiga kali. Pertama di Central Java Qualifiers, dengan menggeser rekor MAN 2 Gresik. Kemudian dua kali di National Championship 2023. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik National Championship 2023

Saat ini, catatan terbaik SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang adalah 44,37 detik. Dan memimpin klasemen sebagai rekor SAC. Diperkuat oleh Fahmi Candra Permana, Catur Ridho Saputra, Raka Adi Prayoga dan Denis Teguh Prayitno, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang berhasil merebut tiket international training camp ke Tiongkok. 

Nah, buat kamu yang pengen punya tim SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Yuk, simak Q and A SAC Indonesia bareng salah satu timnya, Denis. 

1. Lari estafet sekarang jadi salah satu nomor populer di SAC Indonesia. Beberapa sekolah yang punya tim hebat, sekarang sedang mempersiapkan diri buat lomba di SAC. Apa sih yang perlu mereka persiapkan buat membentuk tim estafet? 

Yang pasti latihan ya, semua bisa dibentuk. Chemistry dan mencari teman yang sefrekuensi itu penting. Apalagi karena estafet nomor beregu.

2. Nah, buat memperkuat tim estafet, latihan apa saja yang biasanya kalian lakukan sebagai pemula? 

Yang pasti latihan fisik ya. Seperti melakukan beberapa program dan drills-drills ringan. Misalnya kalau di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, ada A, B dan C, running. Untuk program yang diikuti adalah speed endurance, plyometric, sampai beban seperti gym. 

3. Apa hal paling penting di lari estafet selain latihan untuk memperkuat fisik, karena jelas kan kalau fisik itu jelas dilatih? 

Hal kecil yang kadang dilupakan oleh pemain estafet adalah latihan dalam pemindahan tongkat. Karena itu penting banget. Biasanya kalau jogging-jogging kecil juga latihan pengoperan stick. Terus juga diusahakan selalu latihan beregu. Kalau ada yang enggak berangkat pasti dicariin. Nggak bisa latihan individu. Kekompakkan itu jadi kunci penting di estafet. 

Yang paling dihindari di estafet  itu tongkat jatuh, umpannya telat terus, pelari kedua/ketiga keluar larinya lambat jadi bisa nabrak. Makanya harus hati-hati. 

4. Apakah pengoperan tongkat kunci besar demi kesuksesan tim saat lomba?

Iya, maka dari itu, setiap tim harus memperhatikan jarak pas mau oper stick dari pelari kedua dan ketiga. Lalu, ketika pengoperan stick harus diperthatikan agar tongkat tidak mudah jatuh. 

Baca Juga: Teknik Memberi Tongkat Lari Estafet

5. Kita kan lagi ngobrolin soal tim yang baru terbentuk nih. Menurut kamu kapan sih sebuah tim baru bisa debut untuk lomba?

Baru pertama kali diikutin event POPDA tahun 2019, bangga banget waktu itu. Tapi di sisi lain juga saya masih ada ragu, masih takut-takut gitu. Tapi saya percaya bahwa saya itu bisa meyakini diri sendiri kalo saya itu bisa jangan pandang lawan intinya selalu percaya diri. Intinya, buat pemula, yang ingin ikut lomba terus ragu ragu, lawan rasa cemas kamu, lawan rasa takut kamu jangan pandang lawan. Kalau diingat, saya dulu juga gemetaran, ingin nangis. Butuh bertahun-tahun buat lomba nggak gemetaran.

Baca Juga: Kompetisi Itu Penting Bagi Pemula, Yuk Ikut SAC Indonesia!

 6. Pesan untuk starter di luar sana apa nih Denis?

Konsisten latihan dan atur pola makan. 

Denis dan skuad estafet SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang akan bertolak ke Tiongkok untuk melakukan training camp. Reward tersebut ia dapatkan usai menjuarai National Championship 2023. Yang menjadi kali kedua bagi SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, bersaing di National Championship. 

Baca Juga: Tak Sembarangan, Ada "Rahasia" Khusus dalam Memilih Pelari Estafet

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas. Musim kedua dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut dimulai dengan babak regional qualifiers dan ditutup dengan National Championship, yang tuntas digelar pada Januari 2024 lalu. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES