Student Athletics Championships (SAC) Indonesia, sebentar lagi bergulir. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan kembali menjaring bakat atletik para pelajar Indonesia. Buat kamu yang baru terjun di cabang olahraga ini atau belum pernah sama sekali mengikuti kompetisi atletik, kamu bisa langsung mendaftar SAC Indonesia, lho. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi yang diperuntukkan bagi pelajar non atlet profesional. Sehingga, kamu bisa menambah jam terbang dan mengasah skill-mu melalui kompetisi ini. Apalagi, kompetisi sangat penting bagi pemula. 

"Kompetisi itu tujuannya untuk melihat hasil latihan kita. Jadi kalau ingin berkembang ke tahap selanjutnya, penting banget," ungkap Dihanis Arsita, Champion SAC 100 meter putri dari SMAN 4 Malang. 

Dihanis Arsita sendiri merupakan juara Energen Champion SAC National Championship tahun 2022. Ia bahkan memegang rekor 100 meter putri dengan catatan waktu 12,92 detik. Setelah sukses di SAC Indonesia, Dihanis menyebut kompetisi pelajar ini bisa membuat pemula berkembang menjadi lebih baik. Terlebih, SAC Indonesia memiliki konsep bertingkat. Dari babak regional qualifiers menuju National Championship. 

"Kalau konsepnya bertingkat itu pelajar senang. Jadi setelah juara di wilayah, oh bisa melanjutkan ke nasional. Bahkan ada training camp-nya ke luar negeri," lanjut Dihanis. 

Dihanis juga memberikan pesan penting bagi pemula di luar sana. Bahwa latihan dalam olahraga atletik harus konsisten. Pasalnya, atletik merupakan cabang Olahraga yang terukur. Dengan latihan rutin, setiap atlet atau pelatih bisa melihat dan mengembangkan kemampuan berdasarkan hasil latihan itu. "Sebenarnya kompetisi juga sama. Kalau latihan kan buat diri sendiri pembandingnya, kalau kompetisi pembandingnya dengan orang lain," tutur Dihanis. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES