Arfiansyah saat berlaga di final National Championship 2023

Agar makin jago dalam sprint 100m, dibutuhkan kombinasi kekuatan fisik, keterampilan teknik dan mental yang kuat. Untuk itu, para pemula perlu untuk melakukan banyak latihan dan mengikuti berbagai perlombaan agar semakin ahli di nomor lari jarak pendek tersebut. 

Kali ini, Arfiansyah Adi Yuliarta dari SMA Hang Tuah 1 Surabaya membagikan beberapa jenis latihan, buat kamu sebagai pemula yang ingin makin jago di sprint 100m. Apa saja? Berikut SAC Indonesia spill buat kamu: 

1. Perhatikan Drills dan Konsisten

Memperhatikan jenis dan lama waktu latihan akan mempengaruhi performa berlombamu. Sebagai pemula, melakukan jenis drills yang ringan tetapi dengan waktu yang konsisten akan berpengaruh pada kekuatan fisik. 

Sebagai pemegang rekor SAC, Arfiansyah tentunya telah melakoni intensitas latihan yang cukup tinggi. Ia bahkan mencatatkan waktu 10,86 detik. Karena sudah dua tahun berlaga di SAC Indonesia, Arfiansyah punya sederet tips menarik.

"Perhatian terhadap latihan dan waktu latihan itu penting sih. Karena kalau ingin menggapai sesuatu, harus dikencengin latihannya," kata Arfiansyah. 

Baca Juga: Arfiansyah Amankan Gelar Juara Sprint 100m Putra National Championship

2. Lakukan Berbagai Latihan

Beberapa latihan yang dirasakan oleh Arfiansyah di antaranya adalah drills ABC, angkat paha kecil, angkat paha besar. "Kemudian bisa coba fartlek run, jog run street dan pyramid 250m, 200m, 150m hingga 100m. Kalau gym dua kali seminggu," ungkap Arfiansyah. 

Ada juga program untuk menambah kecepatan. Biasa Arfiansyah memainkan speed pendek. "Biasanya 60m'an gitu," lanjutnya. 

3. Aktif Ikut Kejuaraan dan Uji Coba Waktu

Berlatih saja tanpa mengikuti perlombaan hanya akan menyehatkan tubuhmu. Namun, belum bisa mengukur sejauh mana latihanmu berhasil meningkatkan bakatmu di sprint 100m. Arfiansyah menyarankan untuk aktif ikut berbagai perlombaan. "Awalnya di tingkat kota dulu, terus nanti baru lanjut di tingkat provinsi," kata Arfiansyah. 

Selain aktif kejuaraan, Arfiansyah juga memperingatkan pelari pemula untuk rutin mengambil waktu. Khususnya sebelum perlombaan dimulai. Sehingga, pelari mengetahui seberapa jauh latihan dapat ditingkatkan. 

Baca Juga: Pelatih Sebut Mental dan Motivasi Arfiansyah di Atas Rata-Rata

4. Berpegang pada Motivasi dan Prinsip

Motivasi sangat penting bagi atlet. Sehingga, memiliki idola dan motivasi dari lingkungan sekitar dapat meningkatkan semangat untuk berlatih. Seperti Arfiansyah sendiri, ia memiliki motivasi untuk "Habis SAC sih ingin menaklukan semua kejuaraan atletik di Indonesia maupun kancah internasional. Nah, teman-teman juga harus ada target gitu," terang Arfiansyah. 

Itu adalah beberapa tips dari pemegang rekor SAC 100m putra, Arfiansyah Adi Yuliarta. Nah, buat kamu yang pengen terus dapat update tips-tips penting dari pemegang rekor kita, jangan lupa untuk rutin visit SACIndonesia.com ya!

Baca Juga: Arfiansyah Percaya Bisa Taklukkan Rekor Dunia Dalam Dua Tahun ke Depan!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas. Musim kedua dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut dimulai dengan babak regional qualifiers dan ditutup dengan National Championship, yang tuntas digelar pada Januari 2024 lalu. 

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES