Aksi Arfiansyah Adi Yuliarta dalam babak final 100m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Nama Arfiansyah Adi Yuliarta begitu menggema di dunia atletik Kota Pahlawan. Siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya itu mencatatkan sejarah baru dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu melihat Arfiansyah pecah rekor di 100m putra dengan perolehan waktu 10,86 detik. 

Arfiansyah tampil mengagumkan di Lapangan THOR Surabaya pada 8-10 November 2023. Pada Sabtu, 9 November 2023, Arfi pecah rekor di babak penyisihan dengan waktu 10,87 detik. Catatan waktu pertama di SAC yang menyentuh 10 detik. Belum selesai dengan gebrakan barunya itu, Arfiansyah kembali memperoleh waktu 10,86 detik di babak final. Yang kini menjadi waktu terbaik SAC Indonesia untuk 100m putra. 

Dengan pencapaian tersebut, Arfi berhasil melenggang ke babak National Championship 2023. Yang akan diselenggarakan di Solo, pada Januari 2024 mendatang. Nantinya, Arfi akan bertemu dengan juara dari daerah lainnya. Untuk bersaing memperebutkan titel Champion SAC. 

Menurut sang pelatih, Nasikin, Arfiansyah memang mempersiapkan diri dengan baik untuk SAC Indonesia 2023. Latihannya setiap hari. Biasanya hanya libur di hari Sabtu atau Minggu. Tergantung pada program yang dijalankan. 

Baca Juga: SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers Tuntas, Ada 3 Pecah Rekor!

"Sebenarnya latihannya seperti biasanya. Tapi karena motivasinya tinggi sekali, dia bisa melakukan penampilan yang baik. Dia cita-citanya bisa ke luar negeri," kata Nasikin, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia, Salasa, 12 Desember 2023. 

Ini merupakan tahun kedua bagi Arfiansyah ikut serta dalam kompetisi SAC Indonesia. Musim lalu, Arfi juga berhasil menembus babak National Championship 2022, yang digelar di Jakarta, pada Januari 2023 lalu. "Nah, setelah SAC yang nasional di Jakarta itu, dia langsung latihan kembali. Jadi persiapannya panjang, latihannya juga niat sekali," kata Nasikin. 

Nasikin mengatakan, dirinya juga baru bertemu Arfiansyah. Tepat setelah SAC, Arfi bergabung di klub atletik milik Nasikin. Latihannya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Setelah bertemu, Nasikin melihat bahwa motivasi Arfi memang di atas rata-rata. 

"Dia waktu Kejurnas kemarin kan nggak 'terbawa', saya bilang nggak apa-apa memang belum waktunya. Maka dari itu dia serius menghadapi SAC Indonesia. Karena motivasinya tinggi dan kalau latihan semangat banget, dia punya cita-cita besar, mentalnya juga kuat," tandas Nasikin. 

Setelah tampil di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, Nasikin langsung menanyakan evaluasi pada Arfiansyah. Terkait penampilannya saat di penyisihan maupun final. "Kemarin habis juara saya panggil, 'jujur ayo kemarin apa yang kurang', katanya 'iya pak tadi start nyeret, terus 10 meter saya kurangi dikit," cerita Nasikin. 

Untuk menghadapi National Championship, Nasikin menyebut tak ada latihan khusus untuk Arfiansyah. Seperti biasanya. Hanya saja, banyak yang perlu diperhatikan. Mulai dari pola makan dan istirahat. 

Baca Juga: Dekan FIKK UNESA Siap Beri Beasiswa Bagi Arfiansyah, Usai Pecah Rekor SAC 10,86

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES