Nama Arfiansyah Adi Yuliarta seketika melambung. Tidak lain karena dirinya berhasil mematahkan rekor SAC pada nomor lari 100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers.

Hal itu tak terjadi sekali. Pertama dirinya sukses catatkan sejarah di fase penyisihan dengan torehan waktu 10,877 detik. Setelah itu, Arfiansyah kembali pecahkan rekornya sendiri pada putaran final dengan membukukan 10,860 detik.

Usai mencapai garis finis, Arfiansyah langsung menjadi sorotan. Bahkan Azrul Ananda pun langsung menghampiri. Direktur Utama PT DBL Indonesia itu memberi ucapan selamat dan mengajaknya foto bersama.

Baca Juga: Dekan FIKK UNESA Siap Beri Beasiswa Bagi Arfiansyah, Usai Pecah Rekor SAC 10,86

Tak hanya itu, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNESA, Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. pun hadir dengan rasa bangga. Sosok yang akrab disapa Cahyo itu turut menawarkan beasiswa anak-anak berprestasi di UNESA. Mengingat kini Arfiansyah sudah duduk di bangku kelas XII.

“Senang banget, pasti bakal jadi pengalaman yang tidak terlupakan sih karena diajak foto sama pak Azrul Ananda dan dapat tawaran beasiswa di UNESA. Masih dipertimbangkan dan bakal dicoba juga, karena target utama mau di kedinasan,” kata Arfiansyah.

“Gak ada ekspektasi apa-apa sebenarnya waktu disamperin sama Dekan UNESA, kaget banget pastinya. Terus katanya bakal dilatih juga sama Suryo Agung juga, makin kaget jadinya. Suatu kebanggaan buat saya,” sambungnya.

Baca Juga: Siswa SMA Hangtuah 1 Surabaya Terbaik di Nomor Lari 100m East Java Qualifiers

Banjir pujian. Serafi Anelies Unani sebagai peraih medali emas pada ajang SEA Games 2011 di Jakarta-Palembang pun takjub dengan prestasi Arfiansyah. 

“Melihat prestasinya begini, apalagi dia masih kelas XII itu sangat luar biasa. Sudah sangat bagus. Tinggal bagaimana ke depannya kita maintenance, bagaimana pola latihannya dan rutinitas hariannya. Bisa dibilang dia bibit unggul, dari semua finalis dia leading-nya jauh,” tegas Serafi.

Arfiansyah Adi Yuliarta - SAC Indonesia
Potret Arfiansyah Adi Yuliarta dalam babak final lari 100 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Belum cukup sampai di situ. Arfiansyah masih menyimpan target besar. “Pasti ke depannya bisa push lagi sih. Setahu saya rekor dunia itu kan 9,58 detik. Saya percaya bisa pecahkan itu dua tahun lagi inshaAllah. Pokoknya harus lebih sering latihan fisik aja,” tukas Arfiansyah.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

Baca Juga: 5.277 Pelajar dari 610 Sekolah di Jawa Timur Ikuti SAC Indonesia 2023

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES