Perlombaan lari dalam SAC Indonesia

Tahun Baru Imlek dirayakan hampir di seluruh dunia. Dikenal dengan nama "Lunar New Year", peringatan tahunan untuk orang Tiongkok tersebut bahkan diadopsi sebagai beberapa nama kompetisi olahraga di dunia. Mulai dari atletik hingga sepakbola. Kali ini, SAC Indonesia akan merangkum beberapa kompetisi olahraga yang menggunakan nama "Lunar New Year". 

1. Lunar New Year Cup

Lunar New Year Cup, sebelumnya dikenal sebagai Carlsberg Challenge atau Carlsberg Cup, adalah turnamen sepak bola undangan tahunan yang diselenggarakan di Hong Kong oleh Hong Kong Football Association (HFKA) sejak tahun 1908. 

Kompetisi ini biasanya diadakan pada hari pertama dan keempat Tahun Baru Imlek dan sebagai bagian dari perayaan tahun baru. Turnamen ini disebut Carlsberg Cup dari tahun 1986 hingga 1989 dan dari tahun 1993 hingga 2006 karena Carlsberg adalah sponsor utama acara tersebut.

Sejak edisi 2007, kompetisi ini secara resmi dikenal sebagai Lunar New Year Cup oleh Hong Kong Football Association (HFKA). Pasalnya, Carlsberg kini bukan lagi sponsor utama. 

2. Chinatown CCHP Lunar New Year 5K/10K 

Chinatown CCHP Lunar New Year 5K/10K adalah acara lomba lari jarak jauh tahunan yang digelar di San Fransisco. Acara tersebut selalu diadakan di bulan yang sama dengan perayaan Tahun Baru Imlek setiap tahunnya. 

Chinatown CCHP Lunar New Year 5K/10K sangat unik dibandingkan acara lari lainnya. Setiap peserta akan berlari melalui jalan-jalan bersejarah dan berbukti di Chinatown di San Fransisco. Tentunya, sepanjang perjalanan, para peserta dapat menikmati arsitektur dan budaya Tiongkok yang begitu kental. 

Tahun ini, Chinatown CCHP Lunar New Year 5K/10K akan kembali mengadakan perlombaan lari, tepatnya pada 31 Januari 2024.

3.  Lunar New Year Idol Star Athletics Championships

Idol Star Athletics Championships adalah kejuaraan tahunan yang diadakan di Korea untuk bintang K-Pop. Pada 2020, untuk memperingati Tahun Baru Imlek, Idol Star Championships menggunakan nama Lunar New Year. Kompetisi ini digelar di Namdong Gymnasium di Incheon dan disiarkan di MBC pada 24-27 Januari 2020. Bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek. 

Dalam kompetisi tersebut, terdapat berbagai perlombaan atletik. Beberapa yang populer dimainkan adalah nomor 60m dan relay 4x100m. 

4. Chinese Lunar New Year IBF World Championship

IBF menggelar World Championship di Tiongkok pada 2017. Salah satu kejuaraan tinju favorit di dunia itu diadakan di Cotai Arena The Venetian di Makau, pada 29-30 Januari 2017. Saat itu, Chinese Lunar New Year IBF World Championship ditonton lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. (*)

  RELATED ARTICLES