Juanda Kristian saat melakoni final tolak peluru putra di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Bayanillah masih memimpin klasemen tolak peluru putra Energen Champion SAC Indonesia. Rekornya di SAC masih belum ada yang mampu mematahkan. Meskipun begitu, tuntasnya National Championship 2023 membuat klasemen tolak peluru Putra sedikit berubah. Ada beberapa nama baru di belakang Bayan yang patut diperhitungkan. Siapa saja mereka?

1. Bayanillah (SMAN 7 Cirebon) - National Championship 2022

Bayanillah (alumni SMAN 7 Cirebon) merupakan juara National Championship 2022. Ia juga memegang rekor SAC di nomor tolak peluru putra dengan perolehan 14,66 meter. Sebelumnya, Bayan juga menjadi juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Hingga saat ini, pencapaian milik Bayanillah belum bisa ada yang mematahkan. 

Bayan juga menjadi salah satu skuad international training camp ke Australia. Bahkan, dirinya berhasil membawa pulang medali di Athletics West Track and Field Championship, salah satu invitasi atletik bergengsi di Perth, Australia. 

2. Juanda Kristian Hutagaol (SMKN 7 Medan) - National Championship 2023

Juanda Kristian Hutagaol merupakan salah satu debutan yang patut diperhitungkan. Siswa SMKN 7 Medan itu juara National Championship 2023 di nomor tolak peluru Putra. Juanda, yang juga merupakan juara Sumatera Qualifiers 2023, berhasil mencatatkan tolakan sejauh 14,15 meter. Yang dibuatnya di babak final, di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari 2024. 

Dengan begini, Juanda mendapatkan reward international training camp ke Tiongkok. Yang dijadwalkan berangkat pada April 2024. 

3. Briandra Dwi Setyawanto (SMAN 2 Krakatau Steel Cilegon) - National Champion 2023

Briandra Dwi Setyawanto juga berhasil mencuri perhatian. Siswa SMAN 2 Krakatau Steel Cilegon tersebut meraih podium kedua di National Championship 2023. Briandra -begitu ia kerap disapa- mencatatkan tolakan sejauh 13,70 meter di babak final. Juara Jakarta Banten Qualifiers tersebut juga menduduki peringkat ketiga di top klasemen ini. 

4. M. Fahri Arfiansyah (SMAN 1 Padangan) - National Championship 2023

Fahri Arfiansyah dari SMAN 1 Padangan berhasil meraih podium dalam National Championship 2023. Juara tolak peluru East Java Qualifiers tersebut sukses mencatatkan tolakan sejauh 13,44 meter. Lebih tajam dari perolehannya di East Java Qualifiers dengan catan 12,59 meter. 

Dengan perolehannya tersebut, M. Fahri Arfiansyah berhasil menduduki posisi keempat dari top klasemen SAC Indonesia 2022-2023. 

5. Rifqi Adi Saputra (MA Al'Ianah Playen) - Yogyakarta Qualifiers 2022

Rifqi Adi Saputra dari MA Al'Ianah Playen berada di posisi kelima dalam top 5 klasemen ini. Menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 Yogyakarta Qualifiers, Rifqi mencatatkan perolehan 13,26 meter di kompetisi tersebut. Dengan pencapaian tersebut, Rfiqi melaju ke babak National Championship. Sayangnya, ia belum memiliki kesempatan bersaing di National Championship di musim yang sama. 

Baca Juga: 3 Rekor Pecah! Ini Hasil Lengkap National Championship 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES