Perlombaan final 100m putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship begitu istimewa bagi Rizki Cahaya Ramadhani. Siswi SMAN 1 Cepu tersebut berhasil meraih juara 100m putri dengan catatan waktu 13,01 detik. Dengan begini, Rizki berhasil merebut gelar juara sebagai Champion SAC dan diberangkatkan ke international training camp ke Tiongkok. 

Selain meraih juara, momen National Championship tak akan terlupakan karena Rizki berlomba dengan disaksikan dengan orang tuanya. Bahkan Rizki menganggap ini akan menjadi cerita mengharukan baginya. "Soalnya baru kali ini bapak dan ibu hadir melihat saya lomba dan menjadi juara. Biasanya bapak dan ibu saya selalu standby di rumah dan menunggu kabar dari saya," kata Rizki. 

Mengingat Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan kompetisi level nasional, orang tua Rizki berniat menonton langsung di lapangan. "Dan alhamdulillah hasilnya membuat bapak ibu saya senang dan bangga," lanjut Rizki. 

Baca Juga: Setelah Menangi 80 Meter, Kini Rizki dari SMAN 1 Cepu Unggul di 100 Meter

Sebenarnya, ini bukan kompetisi nasional pertama yang diikuti oleh Rizki. Ia pernah berlaga di Kejurnas atletik nomor 100m putri U18. Hanya saja belum berhasil naik podium. "Dan mungkin juga belum rezekinya," terang Rizki. 

Tak lupa, Rizki mengungkapkan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia. Dengan kompetisi untuk level pelajar ini, Rizki dapat membangun mimpinya. Dan menjadi satu-satunya Kabupaten Blora yang bersaing di SAC Indonesia. "Bisa membanggakan orang tua, bisa jalan-jalan ke luar Negeri," tutur Rizki. 

Rizki berharap Energen Champion SAC Indonesia dapat diselenggarakan setiap tahunnya. Menurutnya, ini bisa menjadi unjuk bakat siswa-siswi yang berprestasi di bidang olahraga atletik. "Buat teman-teman yang masih ragu untuk ikut altletik, jangan takut, jangan ragu, galilah protensi diri, dan yakinlah dibalik proses yang melelahkan ada masa depan yang sangat indah," lanjut Rizki. 

Baca Juga: 7 Debutan Ini Berhasil Rebut Gelar Juara di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES