Keseruan roadshow SAC Junior Challenge sebelum Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship dimulai

SDN Sondakan Surakarta kedatangan roadshow Pertamina Junior Challenge. Salah satu sekolah berprestasi di Surakarta tersebut kedatangan pre event seru dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, pada Rabu, 10 Januari 2023. Seperti biasanya, para pelajar dari SDN Sondakan diajak untuk bermain games bertemakan atletik. 

Sekolah tersebut larut dalam keseruan Fun Relay dan Mini Kanga's Escape. Bagi kalian yang belum tahu, kedua games itu diadaptasi dari perlombaan atletik populer di kalangan pelajar. Menurut Kepala SDN Sondakan Surakarta, Siti Samsiyah, roadshow Pertamina Junior Challenge dapat membangkitkan semangat pelajarnya. 

"Luar biasa penyelenggaraan roadshow hari ini. Memotivasi anak-anak untuk selalu aktif mengikuti kegiatan olahraga," ungkap Siti. 

Perwakilan DBL Indonesia Amir Juliamsyah bersama dengan Kepala SDN Sondakan Surakarta Siti Samsiyah

Selain mengajak bermain, tujuan dari roadshow ini adalah menarik partisipasi untuk Pertamina Junior Challenge. Yang nantinya akan menjadi salah satu rangkaian dari 

Pertamina Junior Challenge merupakan kompetisi atletik pelajar bagi siswa SD dan SMP se-Solo Raya. Kompetisi ini melombakan formula one dan kanga's escape, sprint 60m, sprint 80m, relays 5x80 m dan relays 8x50m. Nantinya, SD Sondakan juga bersaing dalam kompetisi tersebut. "Kemarin sudah diumumkan dan anak-anak antusias sekali, beberapa regu sudah sudah terdaftar," terang Siti. 

Siti berharap roadshow dan kompetisi seperti Pertamina Junior Challenge terus diadakan. Pasalnya, kompetisi pelajar di bidang olahraga harus diadakan oleh berbagai pihak. Tak hanya lembaga pendidikan resmi pemerintah. Melainkan juga pihak swasta. Seperti SAC Indonesia. "Karena kalau dari pemerintah sedikit monoton, perlu yang lebih berwarna. Dan dengan begini berarti tumbuh kembali," terang Siti. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Para pelajar dari SDN Sondokan yang mengikuti roadshow Pertamina Junior Challenge mengaku begitu senang dan antusias. Beberapa bahkan langsung mendaftar untuk kompetisi SAC Junior Challenge. 

Pertamina Junior Challenge dipersembahkan oleh Pertamina, Energen Champion, PB PASI dan DBL Indonesia. Kompetisi atletik tingkat SD dan SMP se-Solo Raya itu menjadi salah satu supporting event dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Pertamina Junior Challenge diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Mulai dari 18-20 Januari 2024 mendatang. Kompetisi ini melombakan Kids’ Athletics, sprint 60m, sprint 80m, relays 5x80m, relays 8x50m hingga middle distance 800m. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES