Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship siap diselenggarakan. Babak final dari SAC Indonesia 2023 itu bakal digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024. Sebanyak 288 juara dari enam regional qualifiers akan ikut serta dalam kompetisi atletik pelajar tersebut. 

Nantinya, akan ada beragam supporting event yang turut meramaikan Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Salah satunya adalah Pertamina Junior Challenge. Kompetisi atletik pelajar untuk SD dan SMP.  Buat kamu pelajar yang ada di Kota Solo, kamu bisa mengikuti beberapa nomor yang akan diperlombakan dalam nomor tersebut. Apa saja? 

1. Kids' Athletics

Kids' Athletics akan menjadi salah satu nomor yang akan diperlombakan dalam Pertamina Junior Challenge. Nomor ini akan dibagi menjadi dua: Kanga's Escape dan Formula One. Nomor ini dapat diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD). Untuk kategori Kanga's Escape dapat diikuti oleh kelas 1-2 SD sementara Formula One dapat diikuti kelas 3-4 SD.

2. Relays 8x50m

Pertamina Junior Challenge juga akan melombakan relays 8x50 meter. Nomor estafet ini akan terdiri dari delapan orang dalam setiap grup. Teknik bermainnya, setiap grup harus menyelesaikan balapan sepanjang lintasan atletik 400 meter. Nantinya, delapan orang setiap grup harus berlari dengan memindahkan tongak dalam jarak per 50 meter. 

3. Sprint 60m 

Bukan hanya relays 8x50m, Pertamina Junior Challenge juga akan melombakan sprint 60m. Dalam nomor ini, para pesert wajib berlari dari titik start menggunakan start block dengan jarak enam puluh meter menuju finish. Sprint 60m dapat diikuti oleh peserta SD se-Kota Solo. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

4. Relays 5x80m

Pertamina Junior Challenge juga akan melombakan relays 5x80 meter. Nomor estafet ini akan terdiri dari lima orang dalam setiap grup. Teknik bermainnya, setiap grup harus menyelesaikan balapan sepanjang lintasan atletik 400 meter. Nantinya, lima orang setiap grup harus berlari dengan memindahkan tongak dalam jarak per 80 meter. Relays 5x80m dapat diikuti oleh peserta SMP.

5. Sprint 80m

Pertamina Junior Challenge juga akan melombakan sprint 80 meter. Seperti pada kompetisi umumnya, sprint 80 meter mengharuskan peserta lari dengan jarak 80 meter secepat mungkin. Kompetisi sprint 80 meter dapat diikuti oleh peserta SMP. 

6. Middle Distance 800m

Kompetisi middle distance 800 meter diperuntukkan bagi siswa SMP. Dalam kompetisi ini, setiap peserta wajib menyelesaikan perlombaan dengan teknik lari jarak menengah sejauh 800 meter. Nantinya, peserta yang akan finis tercepat akan menjadi juara. 

Baca Juga: SAC Indonesia Gelar Junior Challenge, Jadi Rangkaian Event National Championship

Buat kamu yang ingin mendaftarkan diri dalam kompetisi Pertamina Junior Challenge, kamu bisa menghubungi kontak admin SAC Indonesia di nomor 0813 3380 4505 atau bisa langsung datang ke Kantor KONI Jawa Tengah.

Pertamina Junior Challenge dipersembahkan oleh Pertamina, Energen Champion, PB PASI dan DBL Indonesia. Kompetisi atletik tingkat SD dan SMP se-Solo Raya itu menjadi salah satu supporting event dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Pertamina Junior Challenge diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Mulai dari 18-20 Januari 2024 mendatang. Kompetisi ini melombakan Kids’ Athletics, sprint 60m, sprint 80m, relays 5x80m, relays 8x50m hingga middle distance 800m. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES