Skuad SMAN 4 Kupang di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Skuad estafet putra SMAN 4 Kupang punya kunci kekompakan yang teramat penting. Skuad beranggotakan Varilyanto Matasina, Martin C. M. Bolla, Nifron Nifander Biliu, Mozes Alesandro Foeh ini tak hanya fokus latihan fisik, tapi juga mempererat kerja sama jelang National Championship.

Tim SMAN 4 Kupang meraih second place di nomor estafet Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra. Catatan waktu mereka adalah 52,42 detik. Raihan ini mengantarkan mereka ke National Championship. Tim ini sangat bangga, terlebih karena performa mereka sempat diragukan.

“Ini National Championship pertama kami. Kami ingin membuktikan bahwa kami bisa. Beberapa guru sempat meragukan kami karena fisik kami yang kecil. Sempat kurang percaya diri, tapi kami selalu didukung dan akhirnya bisa meraih kemenangan,” ungkap Varilyanto saat diwawancara.

Keempat anggota skuad estafet SMAN 4 Kupang terpilih melalui seleksi internal di sekolah mereka. Maka dari itu, kedekatan mereka baru terbangun jelang mengikuti SAC Indonesia. “Kami masih perlu meningkatkan kekompakan. Kuncinya adalah mendengarkan satu sama lain. Agar kami bisa menemukan solusi tim yang terbaik,” lanjutnya.

Kekompakan tim ini membuat mereka antusias menghadapi National Championship. Mereka mengaku tak sabar untuk bersaing dengan regional qualifiers lain. “Pasti persaingan akan sangat ketat kalau melihat skor teman-teman lain. Bakal seru deh!” pungkas Varilyanto.

Baca Juga: 48 Delegasi Bali Nusra Qualifiers Siap Bersaing di National Championship!

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Varilyanto dan tim akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES