Darmi (paling kanan) di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

Sosok idola memang jadi motivasi tersendiri bagi penggemarnya. Termasuk Darmi Yanti, peraih third place nomor 1000 meter di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra. Ia terinspirasi oleh atlet lari kebanggaan Indonesia, Agus Prayogo.

Siswi SMAN 1 Kupang ini berhasil menempati posisi ketiga podium lari jarak menengah Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra dengan catatan waktu 3 menit 57,38 detik. Raihan ini mengamankan tiketnya menuju National Championship.

Darmi awalnya sempat ragu untuk ikut SAC Indonesia. Namun, sebelum Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra diselenggarakan, ia sering melihat atlet-atlet lari di media sosial. Ketertarikannya di dunia lari semakin bertumbuh.

“Sebenarnya saya sudah ada ketertarikan di dunia lari karena saya rasa keren aja gitu liat atlet-atlet lari di media sosial. Jadinya saya ikut SAC meski awalnya ragu. Saya sering lihat Om Agus [Prayogo]. Dia keren banget, banyak medalinya,” ungkap Darmi saat diwawancara.

Keraguan Darmi untuk berkompetisi juga tersingkir berkat dukungan orang terdekat. Guru-guru di sekolahnya meyakinkan Darmi untuk mencoba berkompetisi. “Saya berpikir, ‘Waduh, bisa gak ya 1000 meter. Saya terus diyakinkan oleh guru, ikut saja, tidak usah pikir menang atau kalah. Akhirnya saya ikut, saya ajak teman saya juga untuk daftar,” lanjutnya.

Keraguan Darmi terbayar lunas. Energen Champion SAC Indonesia 2023 menjadi kompetisi skala nasional pertama yang ia ikuti. Sebelumnya ia pernah mengikuti O2SN di bidang atletik pula, tetapi hanya sampai tingkat daerah.

Baca juga: SMAN 7 Kupang Berjaya di Lari 1.000 Meter Putri

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Darmi akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES