Dhino di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Juara nomor tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, Albertus Aldino Se Ritan, punya fokus jelas dalam latihan jelang Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Latihan yang ia lakukan kini berfokus pada menajamkan sudut tolakan. Sang pelatih secara disiplin memantau latihannya.

Sosok yang akrab disapa Dhino ini menempati posisi teratas podium tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers dengan catatan jarak 10,23 meter. Siswa SMA St. Arnoldus Janssen Kupang tersebut mengaku sangat senang berhasil jadi juara meski orang tuanya sempat tak percaya.

“Saya senang bisa juara. Keluarga sangat bangga pada saya. Awalnya orang tua tidak percaya saya berhasil juara. Pas saya menerima medali, langsung saya tunjukkan. Mama saya jadi menantang saya. Kalau saya menang lagi, ada hadiahnya,” ungkap Dhino saat diwawancara.

Dhino kini mengalokasikan waktu empat hari dalam seminggu untuk berlatih jelang National Championship. Ia rutin melatih teknik tolak pelurunya. Namun, ia sempat merasa bahwa tak ada peningkatan jarak lemparan. Melihat hal ini, ia berinisiatif menambah latihan di gym agar performanya lebih maksimal.

Ketika ditanya soal sosok yang paling berjasa baginya dalam proses persiapan National Championship, Dhino menyebut nama sang pelatih. Pak Toni panggilannya. Beliau adalah guru olahraga di sekolah Dhino.

“Beliau yang mengajarkan saya segala teknik. Beliau disiplin mengoreksi sudut lemparan saya jika kurang tepat,” katanya. “Pesan beliau pada saya, jangan gugup dan selalu perhatikan sudut tolakan,” ungkap Dhino. Berkat evaluasi sang pelatih, ia kini fokus melatih sudut tolakannya.

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Dhino akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Baca juga: Albertus Aldino Se Ritan Sukses Raih Gelar Raja Tolak Peluru Putra

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES