Alan di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Juara nomor 1000 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, Alan Sae, akui kini ia lebih disiplin latihan. Berbeda dengan saat sebelum memegang status kampiun. Dirinya kini rutin mengikuti serangkaian latihan agar siap untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Siswa SMAN 7 Kupang ini mengamankan posisi teratas podium 1000 meter dengan catatan waktu 3 menit 14,42 detik. Raihan ini membawanya ke National Championship. Alan teramat senang atas capaian ini. Terlebih SAC Indonesia merupakan lomba bergengsi pertama yang berhasil ia menangkan.

“Saya senang karena baru pertama kali juara satu lomba yang bergengsi. Ini jadi pengalaman yang sangat Istimewa untuk saya,” ujar Alan saat diwawancara. Ia belum pernah mengikuti lomba atletik meski sejak SMP memiliki minat di nomor lari.

Alan juga telah sekian lama bergabung di klub lari Naga Timor yang ada di kotanya. Namun, ia baru konsisten latihan setelah berhasil juara. “Kalau dulu latihan sendiri. Kalau di klub latihan bersama pelatih, Antonius Fallo. Programnya lebih teratur. Saya didorong lebih giat latihan agar meraih personal best yang bagus,” lanjutnya.

Alan juga menjelaskan bahwa sang pelatih benar-benar berjasa baginya. Alan mendapatkan dukungan agar terus semangat berlatih dan tidak perlu takut melihat regional qualifiers lain. “Bentuk dukungan beliau sangat banyak. Sulit dijelaskan, beliau sangat berjasa bagi saya,” pungkas Alan.

Baca juga: Sempat Insecure Paling Kecil di Lintasan, Alan Sae Justru Kampiun 1.000m Putra

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES