Sosok Muhamad Zihan Mubaroq saat berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Muhamad Zihan Mubaroq dari SMAN 1 Pagaden akan maju ke babak Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Setelah menempati posisi ketiga di nomor tolak peluru dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Zihan siap bersaing dengan 18 juara dari regional qualifiers yang lainnya. 

Saat ditanya soal persaingannya di West Java Qualifiers, Zihan mengaku senang. Dirinya bahkan nggak menyangka bisa melaju ke babak National Championship. Menurutnya, persaingan di SAC Indonesia 2023 cukup berat dibandingkan kompetisi lainnya. "Soalnya dari postur saja sudah kelihatan memang besar," tutur Zihan. 

Ini merupakan kali kedua bagi Zihan ikut dalam SAC Indonesia. Di musim perdana, dirinya belum beruntung untuk bersaing di babak National Championship. Dengan pencapaiannya ini, Zihan menyebut akan tampil dengan maksimal. 

"Kalau latihan kurang lebih seperti teknik dan penguatan. Itu hampir setiap hari juga latihannya. Semangat banget buat latihan ke National Championship. Saking semangatnya latihan, sampai tumbang dirawat di RS selama empat hari karena kecapekan," terang Zihan. 

Zihan sebenarnya telah lama mendalami olahraga atletik. Sejak SD, Zihan turun di kompetisi Kids' Athletics. Namun, ia sempat melakukan tes untuk mencari tahu potensi dalam dirinya. Setelah memiliki bakat di nomor lempar, sehingga Zihan melanjutkan bakatnya di nomor tersebut. "Peluangnya besar di nomor lempar, jadi Aku semangat untuk berlatih," lanjut Zihan. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship telah ditentukan. Babak puncak dari SAC Indonesia 2023 itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES