Aksi Amanda Syahran Elmarzuki (paling kanan) dalam menyelenggarakan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Pantang menyerah. Adalah dua kata yang pas untuk menggambarkan sosok Amanda Syahran Elmarzuki. Setelah gagal di Kejurda dan O2SN, siswi SMAN 2 Cimahi itu kini merupakan pemegang gelar 2nd Place di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers nomor 100m putri. Dan akan melenggang ke babak National Championship. 

Ini merupakan tahun pertama bagi Manda -panggilannya- bersaing di Energen Champion SAC Indonesia. Sebelumnya, ia mendapatkan informasi perlombaan SAC Indonesia melalui guru PJOK SMAN 2 Cimahi. Kebetulan, Manda memang siswa jalur prestasi di bidang olahraga atletik. 

"Sebelumnya ikut kejuaraan seperti O2SN dan Kejurda. Tapi masih di posisi ke empat. Masuknya final, tapi belum berkesempatan menang. Terus setelah dapat informasi soal SAC Indonesia aku  ikut," terang Manda. 

Manda tertarik mengikuti Energen Champion SAC Indonesia Karena konsep penyelenggaraannya memang diperuntukkan bagi pemula. Terlebih lagi, SAC Indonesia juga salah satu kompetisi bertingkat di Indonesia. Dari regional qualifiers, menuju ke National Championship. "Jadi ini bisa menjadi tantangan baru untukku. Dan cukup senang dan bersyukur bisa punya pengalaman baru," lanjutnya. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Manda melakukan latihan intens bersama pelatih. Jumlahnya bisa tiga atau empat kali dalam seminggu. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

"Semangat banget untuk National Championship. Meskipun memang ada tantangannya. Sekarang kan cuaca untuk latihan kadang mendukung kadang nggak, nah aku selalu inisiatif buat latihan di rumah. Ringan-ringan aja, seperti penguatan atau teknik sendiri," lanjutnya. 

Tak lupa, Manda juga mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurutnya, kompetisi atletik ini dapat memunculkan bakat terpendam dalam olahraga atletik. "Dengan adanya SAC kita bisa membuktikkan diri bahwa kita dapat berprestasi dan punya semangat berjuang yang tinggi menuju nasional maupun internasional," tandasnya. 

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship telah ditentukan. Babak puncak dari SAC Indonesia 2023 itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES